-->

Jokowi Katakan Sejumlah Tantangan Perwira TNI-Polri

Baca Juga




JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat kepada Prasetya Taruna Taruni Tentara TNI-Polri Tahun 2017 yang telah dilantik dan diambil sumpahnya pada hari ini.

‎"Awal perjalanan saudara menjadi perwira yang setia, mengabdi untuk bangsa dan negara, serta kepada seluruh rakyat Indo‎nesia," tutur Jokowi dalam sambutannya, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta,di kutip dari SindoNews Selasa (25/7/2017).

Jokowi mengingatkan, masa depan TNI-Polri berada di tangan mereka. Dia berharap para perwira mampu beradaptasi dan menjalankan reformasi di institusinya masing-masing.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai, langkah tersebut perlu dilakukan agar para perwira mampu mengimbangi bahkan mendahului tantangan perkembangan modern dewasa ini.

"Tantangan yang sifatnya multi-dimensi, yang tidak boleh kita biarkan. Jika kita ingin tetap menjaga keutuhan NKRI, jika kita ingin menjaga keselamatan seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.
 
Jokowi menganggap, tantangan multi-dimensi seperti upaya-upaya pengeroposan terhadap nilai Pancasila, tindak kekerasan dan anarkisme, separatisme, serta terorisme. "Meningkatnya peredaran narkoba, penyelundupan dan perdagangan ilegal," tandasnya.

Selain itu, Jokowi menyebutkan isu seperti kompetisi global, masalah perbatasan, konflik antar-negara, konflik intranegra, peperangan asimetris, perebutan cadangan energi, perlombaan senjata oleh negara-negara berkekuatan militer, sampai berkembangnya ISIS dan Foreign Terrorist fighters.

‎"Menjadi isu-isu yang memberikan dampak secara langsung maupun tidak langsung kepada negara kita, Indonesia," papar Jokowi dalam sambutannya.

Maka itu, Jokowi berpesan agar dalam menghadapi tantangan dan isu-isu tersebut, seluruh personel TNI dan Polri diminta sinergi untuk kepentingan merah putih. "Hilangkan ego sektoral. Tingkatkan jiwa korsa serta soliditas dan solidaritas TNI dan Polri," tandasnya. 
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F