-->

Bupati Cantik Bergelimang Pujian Kini Jadi Tersangka

Baca Juga


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menetapkan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur, Rita Widyasari sebagai tersangka korupsi.

Sebelum terjerat kasus korupsi hingga berstatus tersangka, kehidupan putri mantan Bupati Kukar almarhum Syaukani Hasan Rais bergelimang pujian.

Sebut saja program Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera (Gerbang Raja). Gerbang Raja yang menjadi andalan pemerintahan Rita dipuji karena mampu membawa Pemerintah Kukar lebih baik.

Tercatat, kajian Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menyimpulkan Gerbang Raja berhasil menjadikan pengelolaan dana APBD tahun 2011 Kukar lebih efisien.

Bahkan Ketua Lembaga Kajian Kebijakan dan Otonomi Daerah DPD KNPI Efri Novianto pada tahun 2012 menilai kinerja Pemkab Kukar pada tahun anggaran 2011  baik. Hal itu berdasarkan atas  realisasi anggaran kegiatan dengan serapan rata-rata mencapai 70,18%.

Tidak hanya berparas cantik. Rita memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Setidaknya itu terlihat dari gelar pendidikan termasuk titel PhD yang berderet di depan dan belakang namanya.

Rita sukses mengantarkan dirinya sebagai kepala daerah perempuan pertama di pulau Borneo. Dia terpilih selama dua periode secara berturut turut (2010-2015 dan 2016-2021).

Perempuan kelahiran tahun 1973 ini juga dianggap memiliki gaya kepemimpinan tegas. Berbagai anugerah penghargaan pun diraihnya. Salah satunya penghargaan Satyalancana Karya Bhakri Praja Nugraha dari Presiden.

Rita juga dinobatkan sebagai salah satu inspirator Pembangunan Daerah Tahun 2017. Nama Rita menjadi salah satu dari 21 kepala daerah inspirator pembangunan daerah se-Indonesia.

Penghargaan yang diterbitkan Pusat Kajian Keuangan Negara diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Rita juga dinobatkan sebagai tokoh utama Penggerak Koperasi Nasional tahun 2017. Melalui Kementerian Perindustrian RI, dia meraih Upakarti dari Presiden Joko Widodo.

Di dunia internasional, Rita pernah menyandang Woman Icon Of The Year tahun 2016. Penghargaan Internasional Global Leadership Awards 2016 diberikan majalah bisnis Malaysia yang bekerja sama dengan American Leadership Development Association (ALDA).

Majalah Men’s Obsession edisi Agustus 2016 juga memilihnya sebagai salah satu dari 70 tokoh berpengaruh di Indonesia. Prestasi terbaru Rita, yakni mengemban mandat sebagai Bendahara Umum SEA Games 2017 di Kuala Lumpur lalu.

Di arena politik, Rita yang terpilih Ketua DPD Golkar Kalimantan Timur (2016-2019) telah dipersiapkan maju sebagai calon gubernur (cagub) Kaltim periode 2018-2023.


Pada Selasa (26/9/2017), publik dikejutkan dengan penetapan dirinya sebagai tersangka kasus korupsi. 

Rita diduga menerima gratifikasi Perijinan Perkebunan dan Pembangunan Mall Citra Gading.  "Ya (tersangka-red), "ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan.

Dalam penggeledahan di sejumlah titik di Kukar, tim KPK telah menyita sejumlah alat bukti, diantaranya kendaraan sejumlah mata uang asing,









Sumber Sindonews

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F