-->

Sri Mulyani Indrawati: Ekonomi Indonesia Kuartal III 2017 Meningkat 5,06%

Baca Juga


JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengemukakan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2017 tumbuh 5,06% atau mengalami peningkatan tipis dibanding dua kuartal sebelumnya, sebesar 5,01%. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia dipengaruhi oleh investasi dan kinerja ekspor yang mulai menggeliat. 

Sri Mulyani menuturkan, kinerja ekspor dan investasi pada kuartal III 2017 menunjukkan tren yang sangat berbeda dibanding dua periode sebelumnya. Dimana pada kuartal I 2017 dan kuartal II 2017, kinerja ekspor masih belum terlalu baik lantaran harga komoditas yang belum begitu pulih.

"Kami melihat ada dua faktor yang sangat berbeda sekali track-nya dibanding dengan kuartal-kuartal sebelumnya. Dua faktor yg berbeda itu investasi dan ekspor," katanya dalam acara Seminar Nasional Political Economy Outlook 2018 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Mantan Menko bidang Perekonomian ini menyebutkan, pertumbuhan investasi pada kuartal III 2017 tumbuh sekitar 7,1%, sementara ekspor tumbuh sekitar 3,7%. Menurutnya, banyak lembaga internasional seperti International Monetary Fund (IMF) dan World Bank yang menyebutkan kondisi eksternal sudah mulai membaik dari sebelumnya, sehingga berpengaruh terhadap kinerja ekspor di Tanah Air.

"Bagi pemerintah ini dua fenomena yang cukup positif dan sangat signifikan dibanding track record kuartal sebelumnya, dibandingkan tiga tahun terakhir. Bahkan ekspor mulai  meningkat 17%, itu suatu fenomena dari yang sebelumnya negatif," ujarnya.










Sumber SindoNews
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F