-->

BPTP Sumbar Dikunjungi GM PLN Pembangkit Sumbagsel

Baca Juga


MPA,SUMBAR - Penelitian Pemanfaatan _Fly Ash_ sisa pembakaran PLTU Ombilin yg merupakan kerjasama PLTU sektor Umbilin dg BPTP Sumbar ditinjau langsung oleh GM PLN Pembangkit Sumatera Bagian Selatan Ir. Bambang Anggoro, MT didampingi Manager PLTU Ombilin Dinda Alsyah, ST dan Manager PLTU Teluk Sirih Ir. I Nyoman Buda, MT.

Kepala Balai Dr. Jekvy Hendra didampingi penjab penelitian Ismon Lenin memberikan apresiasi dengan adanya kegiatan kerjasama ini. Bak gayung bersambut pak GM juga mengucapkan terima kasih atas kajian yg dilakukan BPTP Sumbar. 

Menurut pak GM, _fly ash_ dari PLTU Ombilin setiap harinya ada sekitar 20 ton. Agar tidak menjadi masalah terhadap lingkungan dilakukan berbagai kajian pemanfaatannya untuk bahan bangunan seperti batako dan tiang beton dari _fly ash_. 

Sedangkan utk pemanfaatan di bidang pertanian kita harapkan hasil penelitian yg dilaksanakan tim peneliti BPTP Sumbar akan memberi jawabannya. Hasil penelitian ini akan menjadi acuan bagi PLN dalam mengatasi limbah _fly ash_ di tingkat nasional. 

Menurut Ismon ada dua jenis _fly ash_ yg diuji dalam penelitian ini yaitu _fly ash_ murni dan _fly ash_ sekunder yg telah ditreatmen dg mengeluarkan Al dan Fe yg ada dalam _fly ash_ sehingga mengandung Si dan P yg dibutuhkan tanaman. Bahan ini akan diuji pengaruhnya terhadap perbaikan kesuburan tanah dan hasil komoditas padi, jagung dan bawang merah. Penelitian ini juga sudah mendapat izin dari Kementerian Lingkungan Hidup. 

Sebelum dilanjutkan untuk pengujian lapang hasil penelitian ini akan dipresentasikan di hadapan Tim dari KLH. Melihat performa padi, jagung, dan bawang merah yg diperlakukan dengan  _fly ash_ baik Kepala Balai maupun Pak GM optimis hasil penelitian akan memberi solusi terhadap pemanfaatan limbah PLTU yg menggunakan batu bara, baik sebagai bahan amelioran maupun sebagai pupuk untuk tanaman (*/is)
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F