-->

Arus Mudik Lancar, Jembatan Kalu Kayu Tanam Padang Pariaman Beroperasi Kembali

Baca Juga


MPA,SUMBAR — Jembatan Batang Kalu, Kayu Tanam, Padang Pariaman yang ambruk pada bulan November 2018 lalu, kembali beroperasi.

Jembatan Batang Kalu sangat penting dalam transportasi dan jalur perekonomian Sumatera Barat yang ramai dilalui menghubungkan jalur Padang-Bukttinggi.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dikesempatan itu mengungkapkan rasa syukurnya atas beroperasinya kembali jembatan penghubung Padang -  Bukittinggi tersebut. Untuk itu wagub mengajak masyarakat pengguna jalan untuk dapat manfaatkan dan menjaga dengan baik, apalagi dalam waktu dekat arus mudik lebaran. 

"Alhamdulillah, jembatan Batang Kalu ini selesai tepat waktu. Ini semua tidak lepas dari kerja keras Kementerian Pekerjaan Umum dalam menyelesaikan proyek pembangunan jembatan, serta yang tidak kalah penting dukungan dari masyarakat sekitar," ungkap Wagub Nasrul Abit saat meresmikan jembatan tersebut, (30/5/2019).

Wagub juga menyatakan, Pemprov Sumbar awalnya sempat khawatir pembangunan jembatan tidak selesai sebelum lebaran idul fitri tahun ini. Tentu saja hal itu bisa menimbulkan kemacetan total ketika arus mudik, apalagi tahun ini jumlah pemudik ke Sumbar diprediksi meningkat 30-40 persen. 

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat menyampaikan ucapan berterimakasih kepada pemerintah, terutama Kementerian Pekerjaan Umum yang telah bekerja dengan baik tepat waktu," ujar Nasrul Abit 

Sementara, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Padang Aidil Fikri mengatakan, pembangunan jembatan ini mulai dikerjakan sejak Maret 2019 lalu atau sekitar 2,5 bulan, dengan biaya mencapai 10 miliar lebih. Diketahui, panjang jembatan 30 meter dan lebar 10 meter.

"Semoga jembatan ini dapat memperlancar arus mudik di Sumbar. Jika volume kendaraan meningkat menjelang lebaran, maka dua jembatan darurat yang digunakan selama pembangunan jembatan Batang Kalu dapat dioperasikan  kembali," terangnya. 

Selain menghubungkan Padang-Bukittinggi, jembatan Batang Kalu juga menghubungkan Padang dengan Padang Panjang, Payakumbuh, Pekanbaru dan Medan. Karena itu pembangunan jembatan Batang Kalu amat dibutuhkan sekali. (pna)


Sumber, GemaMedianet.com
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F