-->

Persiapkan Peluang Kerja Buat Lulusan, SMK N5 Padang Gelar Workshop Pengembangan Layanan BKK Online

Baca Juga

MPA, PADANG -- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Padang, melaksanakan Workshop Pengembangan Layanan Bursa Kerja Khusus (BKK) Online SMK  Se- Kota Padang dan Padang Pariaman bertempat di ruangan Gedung Serbaguna SMK N5 Padang, pada Sabtu (24/8/2019).

Bimtek  Pengembangan Layanan Bursa Kerja Khusus ( BKK ) Online SMK Se- Kota Padang dan Padang Pariaman langsung dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Barat,  Adib Alfikri, SE.M.Si  dengan menghadirkan Narasumber Disnakertrans Sumbar, Sekretaris Dinas Drs Syofrizal B  MT dan  Kabid PSMK Drs. Joko Purnomo, M.Kom.

Kepala SMK Negeri 5 Padang Deta Mahendra, S. Pd mengatakan, Tahun 2019 ini SMK N5 Padang dipercaya untuk menggelar Workshop Pengembangan Layanan Bursa Kerja Khusus (BKK) Online SMK  Se- Kota Padang dan Padang Pariaman.

“Sosialisasi dan program pengembangan BKK Online SMK Se- Kota Padang dan Padang Pariaman bertujuan meningkatkan kapasitas layanan pengelola BKK  Online di SMK serta meningkatkan keterserapan lulusan dengan menjalin kerjasama bersama industri,” katanya.     

Kegiatan Pengembangan Layanan BKK Online dilaksanakan dalam bentuk Workshop yang dihadiri oleh Puluhan SMK yang ada di Kota Padang dan Padang Pariaman.

Workshop yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Adib Alfikri, SE.M.Si  Dalam sambutannya, Adib Alfikri menyambut baik kegiatan ini dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala SMK N5 Deta Mahendra, S. Pd, sebagai pelaksana kegiatan Workshop dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Kadis menambahkan, dengan adanya BKK Online di SMK dapat sebagai wadah untuk menyalurkan lulusan ke dunia usaha/industri serta dapat memberikan informasi secara akurat tentang keterserapan lulusan SMK di dunia kerja.

Beliau juga berharap, Hendaknya setelah Workshop Ada tindak lanjutnya dari peserta, sehingga bisa diaplikasikan BKK Online nya di sekolah masing- masing,” ungkap Adib Alfikri.

Acara Workshop Pengembagan Layanan BKK tersebut langsung dari pemateri Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar mengatakan bahwa sekolah mempunyai peran yang besar untuk mempersiapkan peserta didiknya dalam hal pembentukan karakter dan penguasaan kompetensi, sehingga Siswa lulusannya dapat cepat terserap di dunia kerja.

Selain itu, SMK harus bekerja sama (Link and Match) dengan dunia usaha/industri untuk sinkronisasi kurikulum yang ada di SMK.

Pelaksanaan kegiatan Workshop Pengembangan Layanan BKK berlangsung aktif di mana peserta sangat antusias menyimak dan bertanya kepada narasumber tentang materi yang disampaikan dan berdiskusi apa saja yang menjadi kendala pelaksanaan BKK di setiap sekolah.

Setelah workshop Ada kegiatan monev ke BKK SMK/ Sekolah-sekolah peserta Eorkshop. Untuk itu setelah sampai  di Sekolah Pengurus BLK segera mengajukan Surat daftar BKK ke disnaker kab/kota. Sehubungan Aplikasi BKK Online agar bisa segera diaktifkan oleh Pusat/DitPSMK.  

Kepala SMK N5 Deta Mahendra, S. Pd, mengatakan. Setelah workshop Ada kegiatan monev ke BKK SMK/ Sekolah-sekolah peserta Eorkshop. Untuk itu setelah sampai  di Sekolah Pengurus BLK segera mengajukan Surat daftar BKK ke disnaker kab/kota. Sehubungan Aplikasi BKK Online agar bisa segera diaktifkan oleh Pusat/DitPSMK.

Kepsek juga berharap. Workshop Pengembangan Layanan BKK ini hendaknya dapat mendorong SMK N5,  agar memiliki BKK yang aktif. Dengan aktifnya BKK di SMK akan dapat mengurangi pengangguran, dan kedepannya bisa memberi peluang kerja pada setiap Siswa yang lulus, jelas Deta. (Gusni)
  

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F