Lantaran Pesona Alam Nan Memukau, Sumbar Miliki Desa Terindah di Dunia

Baca Juga


MPA, SUMBAR - Mungkin ada sebagian diantara kita yang belum mengetahui, bahwa ada sebuah desa di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar telah menjadi salah satu desa terindah di dunia. Inilah Nagari Tuo Pariangan.

Nagari Tuo Pariangan terpilih menjadi salah satu desa terindah versi Budget Travel merupakan media pariwisata berpengaruh di dunia. Desa ini termasuk dalam 5 besar Desa Terindah jika disandingkan dengan Wengen di Swiss, Exe di Prancis, Niagara on The Lake di Canada dan Cesky Krumlov di Ceko. Sungguh penghargaan yang memukau untuk Indonesia.

Lagian Nagari Pariangan merupakan desa tertua di Minangkabau yang lokasinya tepat berada di lereng Gunung Marapi, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Pesona desa ini bukan saja menyajikan pemandangan hijau dan mempesona tapi juga memiliki suasana tenang di ketinggian 500 - 700 mdpl.

Jika mengunjungi Nagari Tuo Pariangan kita juga bakal disuguhi budaya dan arsitektur bangunan yang masih tetap terjaga hingga saat ini.Salah satunya adalah Masjid Islah yang berusia ratusan tahun, bergaya arsitektur Dongsan ala dataran Tinggi Tibet. Hal ini membuktikan bahwa betapa majunya peradaban Minangkabau kala itu.

Selain itu Nagari Tuo Pariangan juga merupakan desa kuno dan sebagai cikal bakal lahirnya sistem pemerintahan khas masyarakat Minangkabau yang populer dengan nama Nagari. Di sini pula tempat asal muasal masyarakat Minangkabau sejak ratusan tahun silam.

Jika hendak menuju menuju ke desa ini dapat ditempuh sekitar 3 jam dari Kota Padang dan 14 km dari kota Batusangkar, asik kan buat berlibur bareng keluarga dan teman.

Penasaran, jika emang penasaran dengan desa terindah ini,pastikan saat berada di Sumatera Barat untuk berkunjung. (Gusni)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.