-->

PSBB Sumbar Sudah 4 Hari, Bantuan Tak Juga Turun "Demokrat Desak Segera Salurkan Bantuan"

Baca Juga

Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Mulyadi menyalurkan bantuan APD untuk tenaga medis SPH. (Foto: Humas DPD Demokrat)

MPA, PADANG - Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Mulyadi menginstruksikan semua Fraksi Demokrat yang ada di Sumbar untuk mengawal dan mengawasi penyaluran bantuan sosial Covid-19 dari pemerintah, pemprov, serta kabupaten dan kota.
  
“Sehingga bantuan yang harus dinikmati oleh masyarakat tepat waktu, tepat kualitas dan tepat sasaran,” tegasnya menanggapi banyaknya aspirasi masyarakat yang disampaikan kepadanya selaku wakil rakyat melalui WhatsApp, telepon dan langsung.

Menurutnya, berdasarkan informasi yang dihimpun dari masyarakat, bantuan warga terdampak ekonominya akibat Covid-19 berupa dana tunai Rp600 ribu per kepala keluarga (KK) belum cair, baik dari Pemprov Sumbar maupun Pemkab dan Pemko.

“Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah berjalan empat hari (sejak 22 April), tetapi bantuan yang dibutuhkan masyarakat untuk membeli sembako belum ada yang turun,” kata anggota DPR RI itu, seperti dilansir Padekjawapos.com Sabtu (25/4).

Hal itu terlihat ketika puluhan ibu-ibu menangis menyampaikan langsung kepada Mulyadi bahwa bantuan sembako belum juga turun dari pemerintah. Ketika itu, Mulyadi menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk Puskesmas Seberang Padang, Kota Padang, Kamis (23/4/2020).

Karena itu, sebagai wakil rakyat, Ketua DPD Demokrat Sumbar meminta kepada Fraksi Demokrat di DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota proaktif memastikan turunnya bantuan pemerintah ini.

“Percepat turunnya bantuan. Jangan sampai terjadi KK mendapat bantuan ganda, dan berikan kepada KK yang memang terdampak Covid-19. Fungsi pengawasan dewan harus dijalankan, saya sarankan DPRD bentuk Tim Pengawas Dana Covid-19 karena itu duit rakyat, bukan uang pribadi kepala daerah,” tandasnya.

Sejauh ini, dari laporan yang diterima Mulyadi, DPRD kurang dilibatkan. “Saya minta keterbukaan kepala daerah, ajak DPRD secara lembaga ikut dalam penanganan Covid-19. Tagline Pak Presiden Jokowi adalah Bersatu Melawan Korona, itu harus diwujudkan juga di daerah, yaitu eksekutif dan legislatif bersatu melawan korona,” kata Mulyadi yang kini fokus menyalurkan ribuan APD untuk rumah sakit dan puskesmas.(*)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F