-->

Badai Petir Hantam India, Taj Mahal di Rusak

Baca Juga


NEW DELHI – Badai petir mematikan bergulung-gulung di bagian utara India, dan memorak-porandakan sejumlah bagian dari kompleks cagar budaya Taj Mahal. Beberapa bagian rusak termasuk gerbang utama dan pagar yang membentang di bawah lima kubahnya nan menjulang.

Salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia itu telah ditutup sejak pertengahan Maret sebagai bagian dari langkah untuk memerangi pandemi virus corona (Covid-19). Gambar yang diambil AFP menunjukkan, para pekerja sedang mengecek pagar mausoleum utama Taj Mahal yang hancur akibat diterpa badai yang mlelanda Kota Agra, Negara Bagian Uttar Pradesh, Jumat (29/5/2020) malam.

“Satu pagar batu pasir yang merupakan bagian dari struktur asli telah rusak,” kata arkeolog dari Badan Survei Arkeologi India, Vasant Kumar Swarnkar, kepada AFP.

“Satu pagar marmer yang merupakan bagian dari yang ditambahkan kemudian, langit-langit buatan di daerah penahan turis dan batu dasar gerbang utama juga telah rusak,” tuturnya.

Dia menambahkan, tidak ada kerusakan pada struktur utama bangunan yang didirikan oleh Raja Mughal Syah Jehan, empat abad silam. Taj Mahal dibangun sang raja untuk makam permaisuri yang amat dicintainya, Mumtaz Mahal, yang meninggal pada 1631.

Media lokal melaporkan, badai dan kilat pada Jumat kemarin menewaskan sedikitnya 13 orang di dua distrik Uttar Pradesh. Serangan kilat fatal menjadi pemandangan yang relatif umum selama musim hujan Juni-Oktober di India.

Tahun lalu, sedikitnya 150 orang terbunuh oleh kilat yang menyambar pada Agustus dan September di Negara Bagian Madhya Pradesh di India Tengah.

Sumbaer : inews.id
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F