Kepala BPTP Sumbar Jekvy Hendra Tinjau KP Sitiung Kembangkan Ayam Kub dan Sapi Pesisir

Baca Juga

Photo Istimewa

MPA, SUMBAR - Mendukung kegiatan pembibitan ayam KUB di Sumatera Barat selain di Kebun Percobaa ( KP) Sukarami juga dikembangkan pembibitan yam KUB, sama dengan kegiatan di KP Sitiung bibit yang digunakan berasal dari  Balai Penelitian Peternakan (Balitnak) Ciawi.  Setelah  berjalan beberapa waktu dan dari hasil kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan sebelumnya,  sudah banyak yang  antri untuk mendapatkan DOC.

Jum’at (29/5) Dr.Drs. Jekvy Hendra, Msi  Kepala BPTP Sumbar didampingi  Ka Tu dan KSPP mengunjungi  lokasi pembibitan yang ada di KP Sitiung untuk melihat kondisi  dan kesiapan pengelola dalam menghadapi  proses produksi.  Melihat kondisi ayam yang terlihat sehat Ka.Balai mengapresiasi  Pak Sukatno atas hasil kerjanya dan menantang beliau untuk dapat mengelola  sekitar 500 indukan ke depannya. Saat ini dari  sekitar 200 ayam KUB ada sekitar 150 indukan memasuki masa bertelur dan siap untuk ditetaskan. Untuk itu Ka.Balai meminta  kepada tim peternakan memprioritaskan dulu DOC yang dihasilkan untuk memenuhi  kebutuhan pembibitan baru sisanya untuk konsumen luar.

Apresiasi lain juga diberikan atas inisiatif pak sukatno  mengembangkan magot sebagai salah satu sumber pakan ternak dan meminta kepada tim peternakan untuk  menganalisa dan mengkaji secara teknis agar dapat dijadikan alternatif  sumber pakan.

Selain ayam KUB pak Jekvy juga melihat   ternak sapi pesisir yang  semenjak 2017 dikembangkan di KP Sitiung , saat ini terdapat  sekitar 78 ekor sapi pesisir. Pada kesempatan itu  beliau mengharapkan kepada tim peternakan bersama sama dengan Kepala kebun  untuk memipikirkan pola memeliharaan yang lebih terintegrasi  dengan memanfaatkan potensi  yang ada di Kebun Percobaan Sitiung . Disamping perlu dilaksanakan pemurnian bibit dengan melaksanakan seleksi ternak serta membeli bibit  perjantan sapi pesisir. (NN)


[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F