Diskominfo Sumbar Dukung Nagari Ujung Gading Jadi Nagari Percontohan Statistik

Baca Juga

Photo Istimewa 

MPA, PASAMAN BARAT - Diskominfo Sumbar yang di wakili oleh Kepala Bidang Layanan Kominfo Oni Fajar Syahdi lakukan supervisi dan survey kesiapan ke Kabupaten Pasaman Barat terkait usulan penunjukan  Nagari Ujung Gading di kecamatan Lembah Melintang sebagai Nagari Statistik Percontohan. Pertemuan berlangsung di ruang pertemuan kantor Wali Nagari Ujung Gading, Selasa (23/6/2020) 

Camat Nagari Ujung Gading Afwan dan Wali Nagari Padri, menyambut gembira atas kedatangan Diskominfo Sumbar terkait pembinaan pembentukan Nagari Statistik di Nagari Ujung Gading sebagai Nagari Statistik Percontohan di Kabupaten Pasaman Barat.

"Kita menyadari bahwa selama ini masih menganggap enteng sebuah data atau data statistik dalam pelaksanaan pemerintahan," ungkap Afwan.

Afwan menambahkan "Apabila sebuah perencanaan pemerintahan mau kita jadikan sesuatu produk hukum yang akurat, akuntabel, transparan dan bisa dipertanggung jawabkan seharusnya data - data statistik yang ada di nagari ini betul - betul sesuai dengan apa adanya di lapangan".

Kepala BPS Pasaman Barat Bambang berharap
terbentuknya nagari statistik di nagari ujung gading ini tidak sekedar pencanangan, citra atau merek saja, akan tetapi ini adalah upaya kita bersama bagaimana keberadaan nagari ini bermanfaat bagi masyarakat dan komunitas.

"Menguasai data wilayah, mengubah mindset pengelola wilayah dan memberdayakan SDM masyarakat lokal CBVSM
(Community Base Village Statistical Management) atau pengelolaan data statistik nagari berbasis masyarakat adalah merupakan suatu upaya memberdayakan masyarakat atau aparatur nagari setempat untuk mampu mengelola data statistik secara smart dan menyenangkan melalui  pembentukan nagari/desa/kelurahan statistik," ujar Oni.

Dalam kesempatan ini turut hadir Plt. Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo Kabupaten Pasaman Barat,  Ketua BAMUS dan Para Staf Wali Nagari Ujung Gading, Kec. Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat.

(Desi/MMC Diskominfo)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F