Diskominfo Sumbar Lakukan Pembinaan SPBE ke Kabupaten Pasaman Barat

Baca Juga

Photo Istimewa 

MPA, PASAMAN BARAT -  Sebagai tindaklanjut Rakor Kepala Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat tanggal 17-18 Juni 2020 di Padang, Dinas Kominfo Provinsi Sumbar melakukan pembinaan dan pertemuan dalam rangka monitoring dan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang bertempat di ruangan rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (24/6/2020)

Dalam pertemuan ini, Asisten II Kabupaten Pasaman Barat Irwan menyampaikan bahwa nilai SPBE Kab. Pasaman Barat masih kurang yaitu 1,86. 

"Dinas kominfo harus membedah masing masing indikator yang nilainya masih kurang dan mengkoordinasikan dengan OPD terkait untuk melengkapi data pendukung," ujar Irwan.

"Perangkat server-server yang ada di tiap-tiap OPD sebaiknya diletakkan pada satu tempat yang dikelola secara terpusat dalam satu Data Center atau Ruang Server oleh Dinas Kominfo, sehingga tercipta efisiensi baik dalam anggaran, teknis pengelolaan dan SDM tenaga IT," tambah Irwan.

Kabid Layanan Komunikasi dan Informatika, Dinas Kominfo Provinsi  Sumbar Oni Fajar Syahdi menyampaikan bahwa tanggungjawab penyelenggaraan dan pengelolaan SPBE adalah tanggungjawab bersama seluruh OPD penyelenggara SPBE di daerah sesuai dengan bidangnya masing-masing dan dikarenakan SPBE ini lintas sektor atau lintas OPD maka  sesuai Perpres No.95/2018 tentang SPBE, Sekretaris Daerah menjadi Koordinator SPBE di Daerah.

Terkait keinginan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang bertekad untuk meningkatkan nilai SPBE  menjadi baik, Dinas Kominfo Provinsi Sumbar sangat mendukung dan siap membantu baik dalam bentuk pembinaan maupun dukungan teknis lainnya tambahnya.

"Dikarenakan penilaian SPBE ini sifatnya lintas OPD, maka sebaiknya  diadakan rapat Tim Koordinasi SPBE secara rutin atau periodik untuk mengatasi  permasalahan SPBE dan progres penyelesaiannya," ujar Oni.

Kepala Diskominfo Pasaman Barat Edi Murdani mengharapkan pada evaluasi SPBE tahun 2020 ini, nilai SPBE kabupaten Pasaman Barat bisa mencapai nilai baik.

Dalam pertemuan ini turut hadir stakeholder terkait pelaksanaan SPBE seperti Bappeda, BKPSDM, Bakeuda,  Inspekrotat, DPMPTSP Unit Layanan Pengadaan, Bagian Organisasi dan Bagian Hukum Setdakab Pasaman Barat 
(Ira/Desi MMC Diskominfo SB)

Sumber Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sumatera Barat
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F