Kapolda Sumbar dan Forkopimda Launching Kawasan "Nagari Tageh Rumah Gadang"

Baca Juga

Photo Istimewa 

MPA, PADANG - Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH bersama Forkopimda Sumatera Barat melaunching Kawasan Nagari Tageh Rumah Gadang yang berada di Kota Padang, Kamis (25/6) siang.

Lokasi Kawasan Nagari Tageh Rumah Gadang tersebut, berada di Perumahan Puri Berlindo Sumbar Mas RT. 04 RW. 15 Kel Kubu Dalam Parak Karakah Kec. Padang Timur Kota Padang.

Diketahui, Nagari Tageh Rumah Gadang merupakan Pilot Project penerapan "New Normal" life. Dimana, konsepnya adalah untuk percepatan penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) di Kota Padang.

Untuk di Kawasan Nagari Tageh Rumah Gadang di Kel. Kubu Dalam Parak Karakah, fasilitas yang ada diantaranya Posko Kongsi Solid (Tangguh Informasi) dan Posko Kongsi Covid (Tangguh Kesehatan), yang terletak di Rumah Tahfi Ahlul Quran tempat belajar Al - Quran. Untuk Posko Kongsi Covid, juga disediakan ruang isolasi mandiri untuk warga setempat.

Selanjutnya, Posko Kongsi Tertib (Tangguh Keamanan) yang berada di Pos Siskamling, dan Posko Kongsi Bangkit (Tangguh Sosial Ekonomi) yang terletak UMKM Tiga Saudara.

Awalnya, Kapolda beserta rombongan  menyaksikan penayangan dokumenter tentang Kawasan Nagari Tageh Rumah Gadang di Perumahan Puri Berlindo Sumbar Mas. Kemudian peninjauan bersama ke tiap-tiap Posko yang telah dibentuk.

Kapolda sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dalam kunjunganya tersebut mengungkapkan, pembentukan Nagari Tageh Rumah Gadang merupakan sama halnya dengan "Kampung Tangguh Nusantara" yang mendasar dari instruksi Presiden RI, yang terus dijabarkan oleh bapak Kapolri seluruh jajaran Kepolisian bersama-sama dengan TNI dan Forkopimda.

"Semua prinsipnya adalah menjawab isu yang berkait dengan Covid-19. Ada aspek keamanan disini, ada aspek medisnya, aspek sosialnya dan aspek yang lainnya untuk menjawab isu Covid-19 yang menghadapi masyarakat. Inilah yang juga menjadi role model buat tempat tempat yang lain," ucap Kapolda Sumbar.

Dikatakan, beberapa tempat juga sudah ada dan diketahui semuanya. Untuk Sumatera Barat yang disiapkan, saat ini ada 36 seperti ini. "Pada intinya, ini bisa jadi instruksi pada tempat tempat lain," ujarnya.

Irjen Pol Toni Harmanto juga menerangkan, bagaimana pihaknya bersama stakeholder lainnya untuk mengajak masyarakat dalam menghadapi new normal ditengah pandemi Covid-19.

"Karna memang prosesnya tidak dalam waktu satu atau dua hari, tapi itu sudah lama dan ada community policing kita yang terus berjalan bersama Bhabinkamtibmas, Bhabinsa,  dan rekan-rekan Muspida yang terlibat," pungkasnya.

Terlihat, dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Forkopimda Sumbar, Pejabat Utama Polda Sumbar, Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan, S.Ik, Walikota Padang Mahyeldi Ansarullah, Forkopimda Kota Padang, Kapolsek sejajaran Polresta Padang, Lurah se Kecamatan Padang Timur dan masyarakat setempat.(*)

Sumber : Bidhumas Polda Sumbar
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F