-->

Koleksi Plasma Nutfah Sawit Terlengkap di Dunia, Sumber Emas Tersembunyi Balitbangtan

Baca Juga

Photo Istimewa

MPA, SUMBAR - Kebun Percobaan BPTP Sumatra Barat di Sitiung Kab. Dharmasraya, saat ini memiliki koleksi plasma nutfah kelapa sawit terlengkap seperti dari Kamerun dan Anggola hasil kerjasama dengan Balit Palma.

Selain plasma nutfah ada juga koleksi varietas kelapa sawit dari beberapa perusahaan pengembang benih kelapa sawit di Indonesia seperti; Bibit Mekarsari, PPKS, BTN, Lonsum, Dami Mas, Tania Selatan, Socfinfo, Sarana Inti Pratama, dan lain-lain. Ini adalah sumber emas tersembunyi yang dimiliki oleh Balitbangtan, (29/5/2020).

Tidak berhenti dari kegiatan pengumpulan koleksi saat ini masih sedang dilakukan penelitian pengembangan tanaman lapangan seperti 33 kombinasi antara aksesi Kamerun dan Angola yang menghasilkan F 1.

Kedepan  juga akan dilaksanakan penanaman kelapa sawit hasil persilangan dan sawit olifera, varietas baru seperti  bibit sawit varietas Dumpi PPKS dan bibit Kelapa Sawit SEU Supreme Mekarsari yang memiliki keunggulan produksi tinggi lambat tambah tinggi.  Selain sawit juga dikembangkan bibit Pinang Betara dengan keunggulan genjah, produksi tinggi, lambat tambah tinggi.

Melihat potensi dan peluang akan didorong untuk mendukung unit pengembangan bisnis dengan Koperasi Karyawan Republik Indonesia (KPRI) BPTP Sumatera Barat untuk pengembangan pembibitan kelapa sawit dan karet sehingga sumber emas yang digunakan dapat bermanfaat bagi masyarakat. (*)

Sumber : BPTP Balitbangtan Sumbar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F