-->

Tanam Nilai Religius Pada Peserta Didik Sejak Usia Dini

Baca Juga

Oleh Gusni S, Pd 

Pendidikan karakter dan penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik apalagi di usia dini dirasa sangat penting sekali guna menumbuhkan kasih terhadap sesama, suka damai, bersahabat, saling menghargai akan berbagai perbedaan yang ada dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.

Religius adalah sikap dan perilaku nan patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, rasa toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain adalah hal yang paling terindah. 

Pembentukan karakter religious terhadap peserta didik ini tentu dapat dilakukan jika seluruh komponen stake holders pendidikan dapat berpatisipasi dan berperan serta, termasuk orang tua dari siswa itu sendiri guna menanggulangi kasus perundungan ( bullying ) dan kekerasan. 

Ada Lima aspek religius dalam Islam, yaitu:
Aspek Iman, menyangkut keyakinan dan hubungan manusia dengan Tuhan, malaikat, serta para Nabi.

Aspek Islam, menyangkut frekuensi, intensitas pelaksanaan ibadah yang telah ditetapkan, misalnya sholat, puasa, dan zakat.

Aspek ihsan, menyangkut pengalaman dan perasaan tentang kehadiran Tuhan, takut melanggar larangan dan lain-lain.

Aspek Ilmu, menyangkut pengetahuan seseorang tentang ajaran-ajaran agama dan lain-lain.

Aspek Amal, menyangkut tingkah laku seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, misalnya menolong orang lain, membela orang lemah, bekerja dan lain sebagainya.

pendidikan karakter religious bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, ketakwaan peserta didik melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan tentang agama,juga berbangsa dan bernegara. 

Karakter religius akan terwujud jika dilingkungan sekolah ada sebuah pembiasaan yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Hasil dari pembiasaan yang dilakukan, kelak akan membentuk karakter sosok siswa yang religius sebagai generasi penerus bangsa. 
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F