-->

BPTP Sumbar Dampingi Tim PPVTPP Eksplorasi Kekayaan Hayati Mentawai

Baca Juga

Photo Istimewa


MPA, MENTAWAI - Kegiatan pendampingan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KOSTRATANI) Kabupaten Kepulauan Mentawai dilakukan Pusat Perlindungam Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) bersama BPTP Sumatera Barat melakukan penggalian kekayaan hayati di Kepulauan Sipora,(20/11/2020).


Kegiatan ini berlangsung sejak 18-20 November 2020 di kepulauan Sipora kabupaten kepulauan Mentawai, Tim PPVTPP terdiri dari pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) Isma Naberisa Tarigan, SP,M.Si, Nani Suwarni,SP,M.Si, Elvadila Rahma,SP,MP, Very Andriani,SP,MP, Desigunawan,SP dan di dampingi oleh tim sekretariat Kostrawil BPTP Sumatera Barat Heru Rahmoyo Erlangga,S.TP dan anggota LO BPTP Sumatera Barat untuk Kab.Kep. Mentawai Fadli Hendrawan melakukan kegiatan identifikasi/karakterisasi varietas tanaman lokal. 



Tanaman yang diidentifikasi antara lain : Toktuk, Kinoso, Keladi 3 varietas dan Sagu. 

Karakterisasi dilakukan di Kecamatan Sipora Utara dan Kecamatan Sipora Selatan dan di dampingi oleh petugas Dinas Pangan serta Pertanian Kab. Kep. Mentawai Monica,SP dan Eko Priyono,S.ST. mengunjungi beberapa sentra tanaman yang akan dikarakterisasi seperti Desa Goiso'oinan Sipora Utara dan Desa Sioban Sipora Selatan.


Dalam koordinasi diakhir kegiatan, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Kep. Mentawai Hatisamahura,SP,M.Si menyampaikan dukungan atas kegiatan ini dengan memberikan masukan agar pangan lokal bisa dibantu pengembangannya dan kualitas produk olahan pangan lokal terutama Sagu bisa ditingkatkan. 

Dalam kegiatan koordinasi Kostratani dengan Model BPP Kostratani Sipora Utara dilakukan monitoring tentang Pelaporan Kegiatan Utama Kementerian Pertanian dan kegiatan rutin BPP seperti training bulanan dan rencana kegiatan display varietas keladi dan padi sawah.(hre)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F