-->

Kedatangan Menlu Prancis, Jokowi Sampaikan Lima Poin Terkait Hubungan Negara

Baca Juga

JAKARTA - MEDIAPORTALANDA - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Urusan Eropa dan Luar Negeri (Menlu) Prancis, Jean-Yves Le Drian, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 24 November 2021. 


Dalam pertemuan, Presiden menyampaikan lima poin utama terkait hubungan kedua negara.

"Saya ingin sampaikan beberapa pesan. Pertama, saya setuju kita tingkatkan komunikasi tahun depan. Indonesia akan menjadi Ketua G20 dan Prancis akan menjadi Presiden Uni Eropa," ujar Presiden.


Kedua, selama presidensi Prancis di Uni Eropa, Presiden mengharapkan negosiasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau _Comprehensive Economic Partnership Agreement_ (CEPA) antara Indonesia dengan Uni Eropa akan dipercepat dan mendapatkan hasil yang konkret.


Ketiga, Presiden ingin Prancis menjadi mitra Indonesia dalam memperjuangkan perdagangan yang terbuka, adil dan nondiskriminatif. Presiden Jokowi juga mendukung perdagangan yang berkelanjutan.


"Saya sangat mendukung perdagangan yang _sustainable_. Tapi saya keberatan jika isu lingkungan disalahgunakan untuk dijadikan hambatan perdagangan," jelasnya.


Keempat, menyambut baik peningkatan kemitraan dengan adanya mekanisme dialog yang baru, yaitu pertemuan 2+2 (Menteri Luar Negeri - Menteri Pertahanan) antara kedua negara.


Kelima, Presiden menyampaikan terima kasih atas dukungan vaksin Prancis ke Indonesia yang jumlah totalnya akan mencapai 4,8 juta dosis.


Turut mendampingi Presiden saat menerima Menlu Prancis yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara, Menlu Prancis didampingi oleh Duta Besar Prancis untuk Indonesia Oliver Chambard.(**)



[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F