-->

Irwan Basir : Keberadaan Kita Sebagai Makhluk Mesti Bermanfaat Buat yang Lain

Baca Juga

PADANG - MEDIAPORTALANDA - 27 APRIL 2022 - Bulan Ramadan adalah momen untuk menjalin kebersamaan dengan sesama Muslim, seperti buka puasa bersama, shalat Tarawih, kuliah subuh, kultum bakda Zuhur, dan sebagainya. Semua itu dibungkus dalam wadah kebersamaan yang dirajut dalam ikatan silaturahmi.


" Bulan Ramadan bukan hanya sebagai sarana meningkatkan ibadah secara vertikal, tetapi juga ibadah secara horizontal," hal ini disampaikan Irwan Basir Ketua DPD LPM Kota Padang, usai menggelar acara buka bersama dengan 11 DPC Kecamatan, dan 104 Kelurahan LPM se Kota Padang, Senin (25/4).

Sebenarnya ungkap Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM, silaturahmi memiliki makna spesifik. Dalam artian, keberadaan kita sebagai makhluk sosial harus memberikan manfaat untuk orang lain, kita pasti membutuhkan interaksi dengan sesama, kita tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan diri sendiri, kita pasti membutuhkan bantuan dari seseorang.


Kemudian lanjut Penghulu suku Jambak Nan Batujuh ini menambahkan, sebagai manusia kita tidak dapat menyadari individualitas kecuali melalui medium kehidupan sosial. Esensi kita sebagai makhluk sosial pada dasarnya adalah kesadaran tentang status dan posisi dalam ranah kehidupan bersama, serta bagaimana tanggungjawab dan kewajiban kita dalam kebersamaan tersebut.


Untuk menjalankan fungsi sosialnya secara maksimal, Islam menyediakan cara yang disebut dengan silaturahmi. Pelaksanaan silaturahmi akan menemukan pemaknaan puncaknya saat dilakukan oleh seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa.


Jadi, makna silaturahmi yang dilakukan pada Ramadan selain akan menumbuhkan semangat individu dalam memaknai kehidupan sosial dengan ikatan spiritual, juga akan mendapatkan kepuasan batin, bahwa kehidupan bersama harus tetap dijaga, dipupuk, distimulasi, dan dikembangkan dalam beragam ekspresi keberagamaan, tuturnya.  [ A]         

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F