-->

Pemeliharaan Kolam Retensi Ulakkarang, Memaksimalkan Daya tampung Air

Baca Juga

PADANG - MEDIAPORTALANDA - Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang) terus bergerak menjaga fungsional infrastruktur-infrastruktur pengendalian banjir secara berkelanjutan di 2022 ini.


Seperti menjaga fungsi infrastruktur dengan melakukan aktivitas pengerukan sedimen, kegiatan ini merupakan bagian untuk menjaga fungsional Infrastruktur agar tetap berfungsi maksimal.

Kali ini pemeliharaan berkala Polder/kolam retensi dilaksanakan didaerah Ulakkarang Kota Padang, Danau Cimpago dan daerah Parupuk Tabing Padang.


Kegiatan pemeliharaan di kolam retensi Ulakkarang kini tengah dikerjakan BWSS V Padang.

Dikatakan Satker OP SDA-BWSS V Padang, pengerukan sedimen kolam retensi Ulakkarang diharapkan memiliki daya tampung air terhadap aliran sungai tersebut dapat kembali maksimal.


Dengan dukungan APBN sebesar Rp 2.7 miliar, CV. Anugrah Abadi dipercaya untuk melakukan pekerjaan tersebut, dengan konsultan supervisi CV. Adhitama Karya.


Kepala Satker OP SDA- BWS Sumatera V Padang Aditya Sidik Waskito, saat dihubungi menjelaskan, selain pengerukan sedimen, beberapa bagian fisik kolam retensi Ulakkarang Kota Padang juga akan diperbaiki.


"Kegiatan pemeliharaan berkala Polder/kolam retensi Ulakkarang Kota Padang tidak saja berfokus pada pengerukan sedimen, tapi juga ada beberapa bagian fisiknya yang kita perbaiki," ucapAditya Sidik Waskito (31/05) lalu.


Kami melihat setelah pengerukan, ada beberapa part/bagian fisik yang telah dinilai sangat butuh perbaikan dan kontruksi ini pasti kami benahi," tukasnya.


Untuk persentase anggaran perbaikan fisik, Aditya menjelaskan, sebesar 16% dari nilai terkontrak merupakan anggaran untuk perbaikan fisik kolam retensi Ulakkarang Kota Padang ini" bebernya.


Secara terpisah, saat ditemui dilapangan, konsultan supervisi CV. Adhitama Karya menjelaskan kalau progres pekerjaan berada pada kisaran 23 %.


"Terhitung pada Sabtu kemaren (28/05), progres kegiatan berada pada kisaran 23%," ucap Imam Sejati, Selasa (31/05), selaku Supervisi pada kegiatan tersebut.


Lebih lanjut Imam memaparkan, "Direncanakan pengerukan sedimentasi kolam retensi ini melebihi 13 ribu kubik, dan 3 ribu kubik telah dilakukan pada ruas kolam I (satu)".


Terkait kendala dilapangan yang terjadi saat melakukan pekerjaan, Imam menjawab tentu ada, tapi kita selalu mengadakan diskusi, untuk mencari solusi yang terbaik, ungkap Imam.


Dikesempatan yang sama, bagian dari manajemen CV. Anugrah Abadi yang bertanggung jawab dilapangan memastikan aktivitas kegiatan tidak akan menggangu warga sekitar.

"Metode metode kerja kami selalu meperhatikan aspek lingkungan, kami ingin kegiatan yang tengah berjalan saat ini dapat terealisasi dengan lancar," ungkap Nur Aprianto.


"Setiap langkah pekerjaan telah kami siasati, seperti terjadi pencemaran akses jalan kerena tumpahan lumpur (sedimen) saat langsir menggunakan dumtruck, agar sedimen tidak jatuh kejalan kami beri busa penahan dibagian bak penutup, kamu pun selalu mengantisipasi kerusakan yang akan terjadi saat alat berat melakukan pekerjaan," tukasnya.


"Untuk meminimalisir tumpahan sedimen, dumtruck yang membawa sedimen kami lengkapi dengan geotextile, dan jikapun terjadi tumpahan lumpur sedimen dipermukaan jalan karena ada kebocoran pada celah ombeng bak dumtruck waktu melakukan pembuangan, kita lakukan pembersihan terhadap jalan tersebut, dan juga  melakukan penyiraman jalan dua kali sehari untuk menetralisir debu yang berterbangan ditiup angin" terangnya.


Kalapun ada kemungkinan kerusakan yang terjadi disaat kita melakukan pekerjaan, "itu juga menjadi prioritas kami, kita akan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi," tegasnya.


Konsultan Supervisi selalu mengingatkan pihak kontraktor pelaksana senantiasa tanggap terhadap keluhan masyarakat, dan pertahankan kelengkapan K3, dan selalu perhatikan parkir atau antrian truk  agar tidak menimbulkan kemacetan, pungkasnya. (**)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F