-->

Rossi Penasaran Jajal Sasis Baru Yamaha di Assen

Baca Juga

Assen - Valentino Rossi menjajal sasis baru Yamaha di tes Catalunya dan hasilnya dibilang memuaskan. Rossi pun tak sabar mencobanya di Sirkuit Assen akhir pekan ini.

Setelah meraih hasil yang kurang oke di Catalunya, Yamaha menggelar tes di trek yang sama. Rossi bersama rekan setimnya Maverick Vinales menjajal dua sasis baru.

Bagaimana hasilnya? Rossi senang dengan terobosan yang dilakukan Yamaha. The Doctor mengaku motor jadi lebih asyik ditunggangi.

Namun ada yang tetap mengganjal perasaan Rossi soal sasis barunya. Setelah merasa oke di Catalunya, Rossi penasaran menjajal sasis barunya dalam balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2017).

"Itu adalah tes yang bagus sebab kami bisa bekerja keras dan sangat baik selama dua hari. Tes itu digelar pada momen penting kami musim ini, di trek di mana kami kesulitan sepanjang pekan," ucap Rossi yang finis ke delapan di MotoGP Catalunya seperti dilansir Crash.

"Kami punya sasis yang beda dan kesan pertamanya cukup bagus, saya merasa lebih baik. Tapi sekarang kami penasaran mencobanya di trek lain, yang level grip dan tipe tikungannya berbeda, terutama di balapan sesungguhnya, untuk mengetahui apakah dengan sasis baru kami bisa lebih kompetitif dan kesulitan akan berkurang, juga selama akhir pekan dan ketika latihan."

"Kami akan mencobanya besok. Tapi setelahnya, masalahnya adalah kalau bagus di Assen, kami masih harus menunggunya (mencobanya) di trek lain sebab tahun ini menjadi sangat sulit untuk kuat di mana-mana," tegasnya.

Rossi menjelaskan, sasis baru Yamaha dibuat untuk mengatasi masalah di bagian belakang motor. Sebab sasis asli motor 2017, yang sedianya membuat Vinales tampil impresif selama tes musim dingin awal tahun lalu, justru membuat ban belakang lebih cepat terkikis.

"Yamaha mengerjakan sasis ini (2017) untuk meningkatkan daya tahan ban belakang yang jadi masalah buat kami di paruh kedua musim lalu. Kadang berfungsi, kadang tidak. Saya pribadi merasa sasis 2017 bikin motor lebih sering understeer, kemampuan menikung motor jadi berkurang dan itu yang menyebabkan degradasi ban di beberapa trek justru lebih parah ketimbang menggunakan sasis lama (2016). Tapi jujur, ini pendapat saya, kami juga belum yakin," jelas Rossi.

Di saat kinerja sasisnya di Assen belum diketahui, Rossi yang pasti butuh kemenangan untuk bisa menjaga peluang juaranya. Saat ini, rider Italia itu tertahan di peringkat lima klasemen dengan poin 83, tertinggal 28 poin dari Vinales di posisi pertama. (nds/nds)
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F