-->

Mengoptimalkan Diseminasi Invensi Dan Inovasi, “Balitbangtan Sumbar” Jalin Kerjasama Dengan Pihak Terkait

Baca Juga



MPA,PADANG – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) selalu menjalin kerja sama dengan pihak terkait guna mengoptimalkan diseminasi invensi dan inovasi, terutama dengan lembaga riset. Hal ini diharapkan dapat melahirkan sinergi untuk peningkatan nilai tambah kepada stakeholder pengguna teknologi.

Menindaklanjutinya, UPT lingkup Balitbangtan, Balit Palma, Balitbu dan BPTP Balitbangtan Sumatera Barat (Sumbar) mulai menginisiasi kerjasama pengembangan tanaman palma dan hortikultura di Sumbar dengan melibatkan Kebun Buah Mekarsari sebagai salah satu mitra kerjasama dari luar Balitbangtan.

Kegiatan inisiasi padu padan Pengembangan Tanaman Palma dan Hortikultura di Sumbar dilaksanakan di auditorium Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumbar pada Senin (25/6).

Pertemuan dibuka oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sumbar Dr. Jekvy Hendra. Ia mengharapkan sinergi antar lembaga Litbang dapat mengoptimalkan pemanfatan dan penerapan invensi dan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan dan lembaga mitra terkait.

Usai Jekvy menyampaikan pemaparan,  Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo menjelaskan tentang Status Pengelolaan Koleksi Plasma Nutfah Kelapa Sawit Balitbngtan di KP. Sitiung dan Inovasi Teknologi Palma.

“Koleksi sawit di KP. Sitiung merupakan hasil eksplorasi konsorsium sawit Indonesia tahun 2009-2010 dari Kamerun dan Angola yang dikelola secara bersama BPTP Sumbar dan Balit Palma. Koleksi plasma Nutfah sebanyak 99 aksesi Kamerun dan 105 aksesi Angola tersebut telah dievaluasi dan dimanfatkan untuk mendapatkan genotipe-genotipe unggul yang nantinya digunakan sebagai tetua perakitan varietas unggul kelapa sawit tipe baru,”katanya.

Melalui kerjasama dengan PT. Sasaran Ehsan Mekarsari telah dihasilkan sejumlah 100 lebih kombinasi persilangan yang akan ditanam di KP. Sitiung, Kab. Damasraya, Sumbar, KP. Paniki Balit Palma di Manado dan di Kebun Buah Mekarsari , Cileungsi, Bogor.

Sementara, Dr. Donata S Pandin, staf Balit Palma yang juga hadir dalam pertemuan ini menambahkan bahwa dengan memanfaatkan potensi plasma nutfah sawit di Sitiung yang dikombinasikan dengan aksesi elite dari Mekarsari akan dapat dipercepat perakitan varietas unggul baru dari Balitbangtan, Kementerian Pertanian.

Pada kesempatan yang sama telah dilakukan penandatanganan MoU antara BPTP Balitbangtan Sumbar. Balit Palma dan Taman Buah Mekarsari terkait pengembangan tanaman palma dan hortikultura di Sumatera Barat. Penandatanganan ini juga disaksikan  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kota sentra tanaman palma dan hortikultura di Sumatra Barat, Kepala UPTD Perbenihan Provinsi Sumatra Barat, peneliti dan penyuluh lingkup BPTP Sumbar. (*)

















Sumber : Haluan.com

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F