-->

Pilpres 2019, Sumatera Wilayah Sengit Dua Pasangan Capres-Cawapres Meraup Suara

Baca Juga



Foto/SINDOnews/Yulianto

MPA,JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei nasional mengenai kekuatan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno di pulau-pulau besar di Tanah Air.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa memaparkan, dari sekian banyak pulau besar, Sumatera menjadi wilayah persaingan sengit kedua pasangan capres-cawapres dalam meraup suara pada Pilpres 2019.

"Di Sumatera dengan responden 20,8 persen dari 1.200 responden didapati pemilih Jokowi-Ma'ruf di Sumatera sebesar 44,8 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga sebesar 43,8 persen, dan yang tidak memutuskan sebesar 11,4 persen. Dari selisih yang sangat tipis ini menyebabkan kedua pasangan calon harus bersaing ketat," tutur Ardian  di Kantor LSI, Jakarta Timur, seperti dilansir Sindonews.com Kamis (27/9/2018).

Sedangkan untuk pulau-pulau lainnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul atas pesaingnya, Prabowo-Sandi dengan selisih lebih besar dibanding hasil survei di Pulau Sumatera.

"Jawa dengan basis populasi paling besar sebanyak 56,7 persen responden, pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 52,6 persen dan Prabowo-Sandi sebanyak 25,9 persen," tuturnya.

Untuk Maluku dan Papua, Jokowi-Ma'ruf unggul telak dengan meraih 76%. Prabowo-Sandi memperoleh 12%. Sementara di Bali dan Nusa Tenggara, Jokowi-Ma'ruf meraih 50%, dan pasangan Prabowo-Sandi 35%.

"Untuk Kalimantan, Jokowi-Ma'ruf lagi-lagi meraih hasil positif dengan perolehan 61,4 persen sedangkan Prabowo-Sandi meraih 30 persen. Begitu pula dengan perolehan di Pulau Sulawesi, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 58,9 persen sedangkan Prabowo-Sandi meraih 26,7 persen," tuturnya.
Survei nasional LSI Denny JA dilaksanakan 14-22 September 2018 dengan metode sampling multistage random sampling kepada 1.200 responden, menggunakan sistem wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dengan margin of error 2,9%.

(ar/dam)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F