-->

PELATIHAN JURNALISTIK DAN IT SISWA SMK KARTIKA I-1 PADANG

Baca Juga


MPA,PADANG - Upaya untuk memperkenalkan tentang dunia jurnalistik dan IT kepada para siswa  di era milenial seperti sekarang sangatlah penting. Dalam hal ini Yayasan Katika Jaya memberikan pelatihan jurnalistik dan IT bagi siswa SMK Kartikan Jaya 1-1 Padang, yang dimaksud sekaligus untuk memfilter pemberitaan banyaknya berita yang tidak bertanggungjawab atau yang dikenal dengan Hoaxs di media sosial saat ini. 

Pelatihan Jurnalistik dan IT  yang dilaksanakan di Ruang Laboratorium Gedung SMK Kartika Jaya 1-1, mengangkat tema “Pelatihan Jurnalistik dan IT bagi Siswa SMK Kartika Jaya.

Tampil sebagai pemateri, Bapak Adi Asmara, ibu  Sriwatiningsih mewakili Ibu Ketua Yayasan, pada senin (29/07/2019) menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengajarkan kepada para siswa sejak dini agar  mengetahui secara mendalam bagaimana dasar dalam penulisan dalam karya jurnalistik, sehingga terhindar dari pemberitaan Hoax (bohong).

“Pelatihan yang diikuti oleh 80 siswa SMK ini juga melibatkan para guru pembimbing. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajarkan kepada siswa-siswi di SMK tentang dasar-dasar penting ilmu jurnalistik serta IT dan praktik penulisan berita,” jelasnya.

Banyak materi yang diberikan kepada mereka secara intensif. Adapun materi-materi tersebut di antaranya dasar jurnalistik, teknik penulisan berita, managemen penerbitan, foto jurnalistik, teknik wawancara, dan lain sebagainya.

Selanjutnya diharapkan dari pelatihan ini nantinya agar para siswa dapat membuat karya jurnalistik dengan baik sesuai dengan kaidah yang ada. Sehingga ketika mereka menerapkannya dalam sebuah tulisan maka akan memiliki kualitas yang cukup baik. Selain itu juga diharapkan mereka dapat ikut berkontribusi dalam mengisi konten website sekolahnya.

Kepala Sekolah SMK Kartika Jaya, Handriko Efendi Mpd berharap melalui pelatihan ini para siswa mampu memahami proses produksi yang ada di media massa. Selain itu, diharapkan pula agar mereka dapat membuat sebuah konten informasi untuk sekolahnya untuk kemudian di publikasikan melalui webside sekolah.

“Kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan siswa siswi paham sebagaimana media massa diproduksi hingga hasil akhir. Selain itu juga mereka mampu membuat berita yang akan dijadikan sebagai media informasi,” harapnya.

Sementara itu Ahli bidang  IT Dari Bandung Mang Maya Suara menyampaikan, ini merupakan proses pengenalan kepada siswa untuk lebih memanfaatkan perkembangan IT untuk kepentingan pendidikan serta sarana untuk menggunakan IT secara bijak. Karena secara tidak langsung antara ilmu jurnalis dan IT adalah dua hal yang sangat erat kaitannya bahkan sulit dipisahkan.

“ Perkembangan ekonomi saat ini sangat pesat, oleh karenanya siswa harus mampu menangkap itu sebagai sarana ilmu sekaligus peluang dimasa mendatang,” tegasnya

Harapannya nanti dari pelatihan yang diselenggarakan ini, para siswa akan mampu berkontribusi mengisi webside yang ada disekolah sebagai sarana pembelajaran sekaligus sarana informasi yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat diluar sekolah bersangkutan.(**) 
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F