-->

Peran Guru dan Orang Tua Dalam Menyiapkan Siswa Hadapi Tantangan Education Zaman Milinial 4.0

Baca Juga

Oleh : Gusni S.Pd

Di zaman 4.0 ini, kebanyakan siswa sudah sadar akan smartphone bahkan menjadikan smartphone sebagai gadget utama. Siswa menggunakan smartphone untuk segala hal seperti menelepon, belajar, main game, foto, video call, media sosial, belanja online, membeli makanan, atau membaca, bahkan.sebagai penambah incame.

Guru

Dalam pendidikan 4.0, kegiatan belajar-mengajar tak terbatas ruang dan waktu. Siswa dan guru dapat belajar dan mengajar di mana pun dan kapan pun.

Sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan, guru harus meng-upgrade kompetensi dalam menghadapi era pendidikan 4.0. Siswa yang dihadapi guru saat ini merupakan generasi milenial yang tidak asing lagi dengan dunia digital.

 Oleh karena itu, guru harus  mengimbangi gaya belajar siswa saat ini dengan senantiasa menambah literatur gaya mengajar di dalam kelas. Makanya, guru harus belajar banyak tentang dunia digital dan penggunaannya dalam pengajaran.

Menjadi guru di era 4.0 saat ini bukan lagi guru yang hanya berdiri di depan kelas dan mengajar berdasarkan satu atau dua literatur seperti buku dan LKS saja, akan tetapi juga akan lebih luas lagi dengan adanya perkembangan internet dan digital.

Dari ungkapan Gray, kita dapat mengambil pelajaran bahwa Industri 4.0 harus sejalan dengan berkembangnya berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan. Kita tidak dapat membahas Industri 4.0 yang mana merupakan level selanjutnya dari perkembangan global jika dari sektor pendidikan masih jauh tertinggal. Alex Gray (2016).

Saat ini dunia sedang sibuk menuju industri 4.0, dunia sedang melaju cepat. Oleh karena itu, muncul hal baru dalam dunia pendidikan yang disebut education 4.0 agar dunia pendidikan dapat sejalan dengan perkembangan zaman.

Orang Tua

Peran orang tua dalam dunia pendidikan sangat penting demi terciptanya lingkungan pendidikan yang positif serta mendukung anak untuk belajar secara efektif. Di zaman yang serba internet ini, peran orang tua dalam pengawasan pun menjadi hal yang sangat penting.

Karena pada dasarnya orang tua dan keluarga secara keseluruhan adalah pengaruh yang paling penting dalam kehidupan seorang anak dalam setiap proses tahapan pendidikan. Orang tua yang berperan mendukung dalam pembelajaran anak mampu membuat perbedaan dalam meningkatnya prestasi dan tingkah laku.

Dalam education 4.0, peran orang tua harus mampu menciptakan lingkungan rumah yang positif dan mendukung anak dalam sarana pendukung pembelajaran, seperti laptop dan sarana pendukung lainnya.

Namun adalah permasalahan baru ketika anak diberikan gadget tanpa adanya komunikasi dan pengawasan dari orang tua. Permasalahan yang kebanyakan terjadi adalah penggunaan gadget berlebih pada anak yang berdampak pada komunikasi yang kurang dan meningkatnya kekerasan, baik cyberbullying atau kekerasan secara langsung yang bersumber dari internet.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam pendidikan di rumah berupa pendidikan karakter, komunikasi, dan pengawasan, sertamengajarinya dengan hal yang tepat, menanamkan mental kuat dan tidak cengeng juga kesiapan mental menghadapi tantangan yang mungkin tidak mudah.  dari setiap pekerjaan dengan begitu apa yang ditakutkan selama ini oleh para ahli tentang sifat generasi milenial yang cenderung cengeng dan mengingnkan hasil instan dapat berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Disamping itu, dukungan bagi anak agar terus belajar dan mengikuti kemajuan-kemajuan teknologi yang ada juga tak kalah pentingnya. Mengingat perkembangan di bidang teknologi terutama digital terjadi begitu cepatnya dan mereka lah yang akan berhadapan dengan teknologi-teknologi itu secara langsung di kemudian hari. Mereka harus terbiasa dengan semua kemajuan tersebut.

 Terakhir adalah kemampuan untuk menganalisa data yang tersaji di dunia digital, memahami sistem mekanika dan teknologi, serta mampu menjalin komunikasi yang baik dengansesama manusia, adalah literasi yang harus dimiliki generasi milenial dalam menghadapai revolusi industri  harus  mampu menjalin komunikasi yang baik dengan sesama manusia, adalah hal penting yang seringkali dianggap sepele. Untuk urusan ini, orangtua sebagai lembaga pendidikan pertama bagi buah hati jelas menentukan baik atau buruknya. Apa yang dibiasakan orangtua di rumah dalam berkomunikasi juga di lingkungan tempat anak tumbuh berkembang adalah kuncinya.

Inilah tantangan bagi pendidikan kita ke depan. Yang harus menjadi perhatian adalah Peran orang tua turut serta menjadi faktor yang cukup signifikan dalam menjawab tantangan tersebut. Tidak bisa lagi orangtua hanya berpangku tangan pada sekolah atau lembaga pendidikan manapun dalam mendidik anaknya, justru orangtua harusnya menjadi aktor utama bagi pendidikan anak.

Peran orang tua dalam dunia pendidikan sangat penting demi terciptanya lingkungan pendidikan yang positif serta mendukung anak untuk belajar secara efektif. Di zaman yang serba internet ini, peran orang tua dalam pengawasan pun menjadi hal yang sangat penting.

Karena pada dasarnya orang tua dan keluarga secara keseluruhan adalah pengaruh yang paling penting dalam kehidupan seorang anak dalam setiap proses tahapan pendidikan.Namun untuk mencapai pendidikan 4.0 itu sendiri, harus dibutuhkan kolaborasi antara orang tua, siswa, dan guru agar terciptanya lingkungan dan budaya Internet ofThings. 

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F