-->

Kota Padang ada Warisan Budaya Dunia

Baca Juga


MPA, PADANG - Silo Gunung yang berada di Pelabuhan Teluk Bayur Padang, atau biasa disebut area C Coal Storage Facility at Emmahaven Port merupakan tempat penampungan terakhir batu bara yang diangkut dari Sawahlunto dengan luas area 2,5 hektare, kini telah resmi menjadi warisan budaya dunia dari United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Peresmian status tersebut dilakukan melalui penyerahan sertifikat dari Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly pada Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Selasa (29/10/2019).

Dulunya Batu bara diangkut dengan kereta api lalu dibongkar di Silo Gunung kemudian dinaikan ke kapal yang ada di pelabuhan Teluk Bayur.

Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan penetapan Silo Gunung sebagai salah satu warisan budaya dunia untuk menyempurnakan konsep wisata Padang Kota Lama.

Ke depan daerah ini akan dilewati oleh kereta api penumpang sehingga lokasinya strategis, selain itu pihaknya juga akan mengembangkan transportasi air karena letaknya juga berada di Pelabuhan Teluk Bayur, ujar beliu.

Untuk pengembangannya nanti pihaknya akan melakukan pemetaan kawasan dan identifikasi bangunan dan berharap ada nota kesepahaman dengan pemangku kepentingan terkait.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly menyampaikan perlu dibentuk Badan Pengelola Warisan Dunia Sumatera Barat.

"Dalam membangun properti di warisan budaya dunia harus hati-hati karena itu Pemkot Padang juga harus berkoordinasi dengan tim ahli warisan dunia agar nilai-nilainya tidak hilang karena akan dievaluasi tiap tahun oleh UNESCO," Ia menekankan Silo Gunung tidak boleh diubah hanya boleh diperbaiki sesuai dengan aslinya, ujarnya. (*)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F