-->

Berantas Sarang Nyamuk, Babinsa Desa kayen Dampingi Tim Puskesmas

Baca Juga



MPA, PATI  -  Di musim penghujan seperti ini tentunya banyak sekali berbagai sarang nyamuk untuk berkembang biak, untuk mengurangi atau menurunkan populasi nyamuk  didesa binaannya,  Babinsa Koramil 04/Kayen Serka Slamet  Babinsa Desa Kayen bersama Babinkamtibmas mendampingi Tim Dinas dari Puskesmas Kayen memberantas sarang nyamuk tersebut.

Supriyanto S. Kes mengatakan, kegiatan ini sangat perlu dilakukan karena dengan diadakannya kegiatan ini warga dapat peduli serta  merubah pola hidup mereka sehari-hari, serta akan berpikir dua kali apabila tidak menjaga kebersihan dilingkungan rumahnya.

Strategi dalam menekan penyebaran penyakit dengan perantara nyamuk ini adalah dengan menggiatkan gerakan 3 M Plus di sekitar rumah tangga yaitu dengan, “Menguras dan menyikat penampungan air secara rutin setiap minggu lalu menutup rapat penampungan air serta memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang bisa menampung air lalu mengubur dan menyingkirkan barang bekas yang bisa menampung air,” ucapnya.

Ditambahkannya ada beberapa jenis tanaman yang dapat menghalau nyamuk dari rumah yaitu selasih, lavender dang uranium, tanaman tersebut di dekat jendela atau tempat yang yang bisa dijadikan akses masuk ke rumah oleh nyamuk.

Dalam hal ini Serka Slamet menyampaikan  upaya pemberantasan hanya dapat berhasil apabila seluruh masyarakat berperan secara aktif  dan  merupakan bagian yang paling  penting dari keseluruhan upaya pemberantasan DBD selain itu peran kader JUMANTIK sangat dibutuhkan untuk mengecek kondisi pemukiman warga dari  jentik nyamuk DBD.

Lebih lanjut babinsa mengharapkan kepada seluruh warga  mari kita jaga kebersihan dilingkungan,  “Karena mulai terjadinya kasus Demam berdarah, mari kita mengambil langkah cepat dengan PSN untuk memutus rantai kehidupan nyamuk bisa menularkan demam berdarah tersebut,” harap Babinsa.(nartopendimpati)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F