-->

Ternyata, Tempat Wisata Memukau ada 10 di Solok

Baca Juga


Solok adalah sebuah nama yang ada di kabupaten dan Kota Madya khususnya provinsi Sumatera Barat, Solok berada di ketinggian 329 meter — 1 458 meter di atas permuakaan laut, sehingga menjadikan daerah ini memiliki hawa dingin serta pemandangan yang sangat indah dan menajubkan.

Selain itu, Solok juga merupakan daerah penghasil beras yang dikenal dengan nama bareh solok. Jarak tempuh dari kota Padang ke Kabupaten Solok Arosuka kurang lebih sekitar 40 kilometer.

Untuk Potensi wisata, Solok hampir sama dengan daerah lain yang ada di Sumbar, dengan kata lain, cukup di perhitungkan, karena di Solok juga banyak terdapat objek wisata alam yang dapat di kunjungi serta memiliki keindahan luar biasa. 

Berikut ini Beberapa Tempat Wisata Solok Nan Memukau :

1.   Rumah Pohon, Laing Park, Solok 


Wisata Rumah Pohon Laing Park ini terletak tak jauh dari Kota Solok, Objek wisata ini telah menjadi destinasi wisata baru yang sedang ramai dan populer di perbincangkan serta dikunjungi oleh muda mudi maupun keluarga saat ini. Hal yang menarik di Laing Park ini adalah rumah pohonnya.

Rumah pohon disini menawarkan suasana alam yangsangat sejuk dan nyaman untuk bersantai. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran dan merasakan udara segar khas perdesaan. Lokasi wisata berada di atas lahan seluas 8 hektar yang sangat alami dan jauh dari polusi. disini tersedia dua rumah pohon dengan kapasitas 5 orang dewasa atau 10 anak-anak di ketinggian 10 meter.

2.  Puncak Gagoan 

Puncak Gagoan merupakan sebuah tebing curam nan indah yang terletak di Paninggahan, Junjung Sirih, Solok, Sumatera Barat. Puncak Gagoan ini memiliki keindahan panorama alam yang sungguh menarik dan unik dengan dihiasi oleh batuan karangnya yang terlihat menarik jika kita foto di sini.

Diatas Puncak ini akan terlihat pemandangan alam serta pesona Danau Singkarak yang terletak tidak jauh dari puncak ini. Selain itu, Pengunjung akan dimanjakan oleh semilir angin yang bertiup cukup kencang dengan udaranya yang sangat sejuk menyejukan. Hal ini dikarenakan bukit ini memang dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga keasriannya.

3.  Puncak Gobah 


Puncak Gobah merupakan sebuah objek wisata yang masih baru dan sedang populer di Kabupaten Solok. Puncak ini berada di ketinggian Nagari Aripan yang menghadap ke Danau Singkarak. Keindahan Panorama Puncak Gobah menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan dengan hamparan persawahan, hutam dan kawasan pesisir bagian selatan Danau singkarak. Di lokasi puncak ini juga dilengkapi oleh sebuah rumah pohon untuk berfoto yang menambah daya tarik pengunjung ke tempat wisata ini.


4.  Danau Singkarak

Danau ini memilik air yang jernih, Anda akan sering meilhat sampan milik nelayan yang bertebaran di permukaan danau singkarak untuk mencari ikan, ditambah banyak pepohonan yang menjadikan pemandangan hijau di sekitar danau. Pemandangan indah inilah yang akan Anda jumpai di Danau Singkarak.

Meskipun danau ini tergolong luas dan memiliki air yang jernih, tak banyak jenis ikan yang dapat hidup di perairan Danau Singkarak. Hanya ada 19 jenis ikan yang tercatat dapat hidup di danau ini. Hal ini dimungkinkan karena terbatasnya jumlah makanan dan kondisi air yang menjadi hidup ikan pada umumnya.

5.  Masjid Agung Al-Muhsinin


Masjid Agung Al-Muhsinin merupakan sebuah masjid terbesar di Kota Solok, terletak menghadap Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong, Lubuk Sikarah. Masjid ini memiliki desain arsitektur yang menarik, direkomendasikan saat berkunjung ke solok wajib singgah di masjid ini


6.  Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang
Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang merupakan Air terjun yang masih tersembunyi dalam rimba hutan wilayah Kenagarian Koto Hilalang, Kec. Kubung, Kabupaten Solok adalah Air Terjun Kapalo Banda.

Akses untuk menuju air terjun ini tidak terlalu sulit, hanya dengan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki lebih kurang selama 1 jam dari pemukiman penduduk. Rasa capek saat menelusuri hulu sungai dan melompati bebatuan yang licin tersebut terasa hilang setelah mencapai lokasi air terjun yang ketinggiannya lebih kurang 10 meter.

7.  Air Terjun Sarasah Batimposarasah

Air Terjun Sarasah Batimpo terletak di Desa Laing, Tanjung Harapan, berjarak kurang lebih 5 km dari pusat Kota Solok. Air terjun ini berada di lokasi yang cukup strategis dengan view yang indah menjadikan daya tarik. Air terjun ini juga merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati pesona air terjun sambil menikmati ekowisata seperti kolam pembibitan ikan, tempat trekking / hiking, dan berkemah.

8.  Danau Talang – Solok

Bayangkan betapa indahnya dunia ini jika begitu Anda membuka mata dan menelusurinya, tak usah jauh jauh ke luar negeri, indonesia punya keindahan alam itu,cukup di indonesia Anda akan lihat birunya air danau, segarnya udara di pegunungan, dan indahnya pemandangan alam luas yang ada di depan mata anda.

Pemandangan indah yang ada di Solok salahsatunya kawasan objek wisata Danau Talang, danau yang tampak indah ini mampu memberikan Anda ketenangan lahir bathin, bahkan Anda mungkin malah menganggap Danau Talang ini sebagai Danau pribadi karena suasananya yang terasa hening dan jauh dari keramaian.

9.  Kebun Teh Alahan Panjang, Solok 

Kebun teh yang terdapat di Alahan panjang, Solok, Sumatera Barat merupakan salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi oleh para pemburu panorama alam. Selain tempatnya yang sejuk, mata Anda akan di manjakan dengan hamparan teh yang hijau dengan bentuk permukaan yang unik, sehingga membuat kita tidak bosan dan ingin datang lagi kesana. Untuk memasuki kebun teh tidak di pungut biaya sedikitpun alias GRATIS.


10.  Danau Dieteh dan Danau Dibawah


Danau Dieteh dan Danau Dibawah ini terletak di Kabupaten Solok yaitu tepatnya di Alahan Panjang. Danau ini terdiri dari dua buah danau, yaitu Danau Diatas yang terletak di pinggir jalan Padang – Muara Labuh sedangkan yang satu lagi Danau Dibawah terletak di nagari Bukit Sileh Kecamatan Lembang jaya. 



Sumber : Wisata Sumbar

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F