-->

Tumbuhkan Minat Berzakat, Bupati Siak Alfedri Serahkan Zakat Harta pada UPZ

Baca Juga

SIAK - MEDIAPORTALANDA - Bupati Siak Alfedri menyerahkan zakat hartanya kepada UPZ kecamatan Dayun. Hal ini dilakukannya sebagai contoh bagi masyarakat. 

Hasilnya fantastis, pengumpulan zakat pada Gemar Siak Berzakat VIII di Masjid An Nur, Kampung Teluk Merbau Kecamatan Dayun sebanyak Rp 128 juta. 


Alfedri menyampaikan, potensi Zakat di Kabupaten Siak ini sangat besar, yaitu mencapai 46 Milyar Pertahun. 


"Mungkin dengan cara door to door mendatangi rumah warga yang mampu. Selanjutnya warga tersebut diberikan penjelasan tentang manfaat zakat, Perda zakat dan hukum zakat akan membuat warga tersebut sadar dan mau membayar zakat," ungkapnya, Kamis (22/4/2021).


Ia berharap jika hal itu dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, maka target pengumpulan zakat di Kabupaten Siak bisa tercapai. 


Komisioner Baznas Siak Samparis menambahkan, gemar berzakat yang telah dilakukan pada 3 Kecamatan sebelumnya, telah terkumpul sebanyak 285 juta rupiah lebih. 


Kata dia, pada gemar Siak Berzakat tahun lalu terkumpul sebanyak 2,3 milyar rupiah. Dan untuk target dari Gemar Siak Berzakat tahun ini sebanyak 2,9 milyar rupiah. 


Pihak UPZ kecamatan Dayun berinovasi  dengan membuat Infaq peduli yatim dhuafa. Kotak infaq tersebut dititipkan pada warung-warung di beberapa Kampung. 


Dari hasil infaq dhuafa tersebut telah terkumpul sebanyak Rp. 8.450.000. Kemudian diberikan untuk beasiswa anak-anak sekolah sebanyak 13 orang. 4 orang dari Kampung Suka Mulya dan 9 orang dari Kampung Berumbung Baru. 


Di kesempatan itu, telah dilakukan pendistribusian zakat pola konsumtif tahap II Baznas Siak, kepada para mustahik. 


Zakat Pola Konsumtif ini berjumlah 91 juta rupiah untuk 140 orang, masing-masing menerima 650 ribu rupiah, terdiri dari uang tunai dan sembako. 


Salah seorang mustahik asal Kampung Berumbung Baru, Sumali (66) merasa senang menerima  bantuan tersebut. Tak lupa ia pun mendoakan para pemimpin di Kabupaten Siak. 


“Alhamdulilah, terimakasih banyak atas bantuan ini, semoga pak bupati dan Pengurus Baznas selalu sehat," ujarnya.(Sz)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F