-->

Bimtek Offline-Online Olahan Bawang Merah Menggema di Nusantara

Baca Juga

SUMBAR - MEDIAPORTALANDA - Mempercepat diseminasi dan hilirisasi teknologi pengolahan bawang merah, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat laksanakan Bimbingan Teknis. Mengusung tema "Ragam Produk Olahan Bawang Merah dan Kiat Menembus Pasar"  BIMTEK digelar secara offline dan online melalui zoom, di Aula Balai Benih Ikan (BBI) Padang Panjang, Rabu (3/11).


Peserta offline adalah petani, pelaku usaha dan penyuluh kota Padang Panjang, sedangkan peserta online berasal dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia dengan jumlah peserta mencapai 365 orang yang bertahan dari pagi hingga sore. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama BPTP Sumbar dengan Dr. Hermanto, anggota komisi IV DPR RI.

Kepala BPTP Sumbar, Dr. Rustam, SP, M.Si menyampaikan kegiatan ini bagian  program pemulihan ekonomi nasional, produk olahan bawang merah dan kiat menembus pasar sangat penting bagi masyarakat baik pelaku utama maupun pelaku usaha. Terlebih untuk komoditi bawang merah harganya sangat fluaktif."  Karena itu dirasakan perlu  mendiseminasikan  kepada  petani bawang merah agar nanti para petani dapat mengolah bawang merah menjadi berbagai produk  dan dapat menembus pasar yang lebih luas " tuturnya.


Sementara itu Tenaga Ahli Dr Hermanto,SE,MM  Komisi IV DPR RI Kota Padang Panjang  Abrar Katiak Batuah mengharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing sehingga bisa meningkatkan ekonomi. 


Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang, Ade Nafrita Anas, SP, MP menjelaskan bahwa ini peluang baik untuk masyarakat. Saat panen melimpah, bisa terselamatkan dengan diolah menjadi produk olahan yang bernilai ekonomi tinggi.


Selain teori dilalukan praktek langsung membuat bawang goreng dan pasta bawang dengan alat olah sederhana skala rumah tangga sehingga  mudah  diterapkan langsung oleh peserta yang dipandu oleh Ir. Kasma Iswari, M.Si dan Sri Maryati, STP, M.Si peneliti BPTP Sumbar.


Terkait dengan pasar BPTP Sumbar menghadirkan Ketua Komite Ekonomi Kreatif Provinsi Jambi, Berlian Santosa, S.Pt sebagai narasumber dan motivator bagi peserta bimtek baik yg hadir langsung maupun yang hadir online.


Respon peserta diluar dugaan sehingga bimbingan teknis yang berlangsung dari pagi hingga sore ini berjalan sangat interaktif, dimana   peserta baik ofline dan online diberi kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan narasumber (WindaR)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F