-->

BPTP Sumbar Bekali Petani Solsel Ketrampilan Mengolah Bawang Merah Jadi Produk

Baca Juga

SUMBAR - MEDIAPORTALANDA -  Sebanyak 30 orang petani bawang Kec. KPGD mengikuti pelatihan Teknologi pengolahan Bawang merah yang diadakan oleh BPTP Sumbar, Kamis (11/11). Pelatihan di hadiri oleh Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kab. Solok Selatan Yuhendri, SP beserta seluruh Penyuluh Kec. KPGD.


Yuhendri mengaku sangat mengapresiasi pelatihan yang diadakan oleh BPTP Sumbar hari ini, karena memang kecamatan KPGD ini merupakan sentra Bawang Merah Solok Selatan, ada lebih dari 100 Ha hamparan bawang merah tersebar disini, ujarnya. Ia berharap peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius,karena dari sekitar 600 kelompoktani yang ada di Solok Selatan ini, belum semuanya beruntung mendapatkan pelatihan yang juga akan diadakan praktek langsung,jd tolong diikuti dengan serius, imbuhnya.


Dr. Dedi Azwardi koordinator pelaksana kegiatan mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh BPTP, karena kami melihat didaerah ini cukup luas hamparan bawang maka kami ingin petani juga dilatih dalam mengolah bawang ini menjadi produk olahan, sehingga nantinya akan dikelola dari budidaya hingga produk produk olahan seperti bawang merah, bawang pasta dan minyak bawang yang akan menjadi solusi ketika harga turun produksi melimpah, tentunya tujuan akhirnya adalah meningkat kan kesejahteraan petani.


Narasumber pada pelatihan ini adalah Sri Maryati, STP, M. Si salah seorang peneliti BPTP Sumbar di bidang Pasca Panen, ia menjelaskan mengenai keuntungan mengolah bawang merah menjadi beberapa produk dan langsung mempraktekkan cara membuat Bawang goreng premium, pasta bawang dan minyak bawang yang diikuti dengan antusias oleh petani.(WindaR)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F