-->

Gempa Pasaman di Sertai Galodo yang Berasal dari Gunung

Baca Juga


PASAMAN - MEDIAPORTALANDA - Gempa darat dengan intensitas 6,2 SR yang terjadi pada Jumat, pukul 08.39 WIB dengan pusat gempa di 0.15 LU - 99.98 BT atau 18 km timur laut Pasaman Barat menyebabkan terjadinya galodo (pergerakan lumpur bercampur air) yang berasal dari arah Gunung Pasaman, akibatnya rumah serta tempat aktivitas masyarakat. menjadi porak-poranda, (26/2).


Laporan BNPB pada Jumat per pukul 21.00 WIB, gempa ini telah menyebabkan jatuhnya 7 orang korban jiwa, 10 orang mengalami luka berat, 75 orang luka ringan.  


Hingga menyebabkan, sedikitnya 5.000 jiwa mengungsi di 35 titik pengungsian yang berada di Kecamatan Talamau, Pasaman, Kinali di Kabupaten Pasaman Barat.  


Kemudian, terdapat 1 KK/2 jiwa mengungsi ke rumah kerabat di Kabupaten Limapuluh Kota dengan korban terdampak sebanyak 16 KK (53 jiwa).


Selain itu, Galodo ini juga menerjang sejumlah pemukiman penduduk serta lahan pertanian. 


Pantauan lapangan, galodo ini terjadi akibat tebing Gunung Pasaman ini mengalami terban cukup luas, yang kemudian menimbun sumber air dari sejumlah sungai yang berasal dari gunung tersebut. [Jp]

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F