-->

Berikut 7 Manfaat Makanan Berserat Tinggi yang Wajib Diketahui

Baca Juga

https://www.pexels.com/id-id/pencarian/makanan/


Di samping berolahraga dan istirahat yang cukup, menjaga pola makan dan memenuhi nutrisi tubuh harian juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi yaitu serat, ada banyak manfaat makanan berserat, seperti mencegah konstipasi dan penyakit diabetes. Nutrisi ini bisa Anda temukan pada makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, hingga beras merah.


Serat merupakan jenis karbohidrat kompleks yang tidak bisa dipecah tubuh menjadi molekul gula. Serat dibagi menjadi dua jenis yaitu serat larut dan tidak larut dalam air, dan keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, setidaknya Anda perlu mengkonsumsi 25-35 gram per hari. 


Kenali Manfaat Makanan Berserat Agar Diet Anda Lancar


Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, serat juga menjadi nutrisi yang wajib dipenuhi, karena salah satu manfaat serat yaitu membuat pencernaan lancar. Dengan pencernaan yang lancar maka perut Anda tidak akan buncit. Disamping itu, masih banyak lagi manfaat serat untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut :


1. Mencegah Konstipasi


Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa manfaat makanan berserat yaitu membuat perencanaan lancar sehingga dapat mencegah serta mengatasi konstipasi atau sembelit. Pasalnya makanan berserat juga bisa menyerap air dengan baik sehingga membuatnya lebih mudah dikeluarkan atau dicerna. Hal inilah yang membuat aktivitas buang air besar lebih teratur dengan lancar.


2. Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi 


Manfaat makanan berserat selanjutnya yaitu penyerapan nutrisi maksimal dari makanan yang Anda konsumsi, terutama pada nutrisi yang jumlahnya sedikit. Hal ini membuat tubuh Anda mendapatkan nutrisi harian yang cukup. Salah satu nutrisi yang diserap oleh serat yaitu kalsium di mana mineral ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang.


3. Membuat Kadar Gula Darah Normal


Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa serat merupakan karbohidrat kompleks yang tidak bisa dipecah menjadi gula darah sehingga dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap normal dan tidak melonjak dengan cepat. Oleh sebab itu, serat juga dapat mencegah dan mengatasi diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2.


4. Menurunkan atau Menjaga Berat Badan Ideal


Apakah Anda sedang diet? Dan ingin menjaga berat badan agar tetap ideal? Serat membantu Anda dalam menurunkan dan menjaga berat badan ideal sehingga bisa mencegah obesitas serta diabetes. Obesitas sendiri merupakan kondisi yang muncul akibat kelebihan kalori dan minuman atau makanan.


Serat bermanfaat untuk mengumpulkan dan mengembangkan makanan yang ada dalam lambung sehingga saat mengkonsumsi serat, Anda akan kenyang lebih lama dan mencegah untuk makan berlebihan.


5. Menjaga Daya Tahan Tubuh


Ingin memiliki tubuh yang kuat? Mengkonsumsi nutrisi serat dengan cukup juga dapat menjaga daya tahan tubuh lebih baik. Pasalnya nutrisi ini bisa memelihara mikroba baik dalam usus, dimana mikroba ini berperan untuk memecah serat menjadi asam yang merangsang aktivitas sel-sel imun agar lebih kuat untuk melawan beragam bakteri atau penyakit yang masuk ke dalam tubuh.


6. Mencegah Penyakit Jantung


Mengkonsumsi makanan berserat dengan cukup juga membantu mencegah penyakit jantung karena serat mampu menjaga kadar gula darah tetap normal dan mencegah obesitas yang memicu penyakit jantung.


7. Menjaga Kesehatan Kulit


Selain Memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, makanan berserat juga dapat menjaga kesehatan kulit. Terlebih bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat atau ruam kulit. Dengan memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi tubuh, maka kesehatan kulit pun akan terjaga.


Salah satu makanan berserat yaitu nasi merah. Nasi merah bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks dan menggantikan nasi putih atau kentang. Nasi merah sendiri seringkali menjadi pilihan bagi orang yang sedang diet, penderita diabetes atau orang yang ingin hidup sehat. 


Beras merah sendiri merupakan biji-bijian utuh yang kaya nutrisi dan serat dibandingkan beras putih, serta menjadi sumber karbohidrat yang rendah kalori, bebas gluten, tinggi serat serta tidak mengandung lemak trans.


Setiap 100 gram beras merah memiliki kandungan nutrisi seperti energi 149 kalori, air 64 g, protein 2,8 g, lemak 0,4 g, kalsium 6 Mg, serat 0,3 gram, fosfor 63 mg, karbohidrat 32,5 gram, natrium 5 Mg, magnesium 43 mg, tembaga 0,20 mg, seng 0,3 mg, vitamin B1 0,06 mg, vitamin B3 1,6 mg. Tentunya kandungan dalam beras merah ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.


Jika Anda ingin membeli beras merah, Anda bisa membelinya dengan mudah dan praktis di Blibli. Blibli merupakan E-commerce buatan Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2011. Sebagai mall online terbaik dan terpercaya, Blibli memberikan pilihan produk berkualitas dari 100.000 mitra usaha untuk memenuhi kebutuhan Anda. 


Ada banyak produk yang bisa Anda pilih di Blibli mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik seperti gadget, kebutuhan sehari-hari untuk keperluan gaya hidup produk rumah tangga hingga produk makanan seperti beras merah. Tak perlu khawatir, Blibli memberikan produk berkualitas dan ori sehingga aman dan terpercaya.


Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai manfaat makanan berserat seperti beras merah. Ayo berbelanja beras merah dan kebutuhan lainnya di Blibli sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F