-->

MAN 2 Padang Gunakan Aplikasi Fly Exam Pada PAT, Ini Kesan Siswa

Baca Juga


PADANG - MEDIAPORTALANDA - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang menggunakan aplikasi Fly Exam pada Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2021/2022. Aplikasi Fly Exam diterapkan pada ujian kelas X dan XI dimulai 30 Mei hingga 11 Juni 2022 mendatang.


Fly Exam adalah aplikasi yang dikembangkan khusus untuk mengakses ujian dari handphone android dengan fitur-fitur keamanan agar terhindar dari kejadian saat pelaksanaan ujian. 


Ujian PAT yang digelar untuk kelas X dan XI melalui aplikasi Fly Exam pertama kali ini memiliki kesan tersendiri bagi siswa, salah satunya adalah Witri Nisa Aulia peserta ujian yang berasal dari kelas XI IPA 7 MAN 2 Kota Padang.


Menurut Witri, begitu Witri Nisa Aulia biasa dipanggil, aplikasi Fly Exam memiliki keunggulan dari aplikasi sebelumnya. Dia mengatakan aplikasi ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi.


Saya coba-coba untuk keluar dari aplikasi ketika ujian berlangsung, tidak bisa. Keluar aplikasi jika sudah diberi token oleh pengawas, betul-betul keamanannya tingkat tinggi," kata Witri, Sabtu (04/06/22) saat dihubungi Mandupanews selesai ujian sesi pagi .


Witri mengaku, aplikasi Fly Exam memiliki nilai positif dalam mengikuti ujian. Menurut dia, tidak ada celah untuk melakukan penipuan selama ujian.


"Tidak bisa nyontek atau ngirim jawaban kepada teman," katanya sambil tertawa.


Senada dengan Witri, Lina Daniatul menuturkan, pemberlakuan aplikasi Fly Exam pada ujian PAT memberikan nuansa yang baru baginya. Menurutnya, ini pengalaman yang berbeda dari ujian-ujian yang diikutinya selama di madrasah.


"Pokoknya aplikasinya bagus deh, dulu pada e-learning masih memungkinkan untuk kami memberi dan menerima jawaban melalui WA kalau sekarang nggak bisa," ujar siswa kelas XI IPA 4 ini.


Gadis Madura kelahiran 21 Oktober 2004 ini menganggap penerapan aplikasi seperti Fly Exam untuk ujian-ujian kedepan harus tetap dipertahankan, hal itu dalam rangka menjaga kemurnian hasil ujian.


"Meskipun aplikasi ini tidak mendukung bagi kami untuk berbuat curang, pokoknya jangan diganti sama yang lama," ucap Lina yang memiliki cita-cita jadi polwan.


Tercatat sebanyak 974 orang siswa MAN 2 kota Padang ikuti ujian penilaian akhir tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah tersebut terdiri dari kelas X 553 dan kelas 421 siswa. (**)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F