-->

Bhabinkamtibmas Nagari Sintuk "inisiator" di Relawan Seratus Rupiah

Baca Juga

SUMBAR - MEDIAPORTALANDA - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Bhabinkamtibmas yang satu ini terutama di daerah binaannya Nagari Sintuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang. Ia adalah Aiptu  Roi Martin, SH yang sudah menerima 9 kali penghargaan dari berbagai instansi.

Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas ini untuk menjadikan wilayah binaannya sebagai nagari yang aman dan kondusif diberbagai bidang.


"Salah satu upaya yang saya lakukan adalah dengan membentuk "Relawan Seratus Rupiah," kata Aiptu Roi Martin, SH. Relawan Seratus Rupiah ini memiliki Filosofi "Tangan Relawan Menolang, Koin Seratus Rupiah, Tangan Memberi dan Menerima.


Selain memiliki filosofi, Relawan Seratus Rupiah ini juga mempunyai Visi  menjadikan desa tangguh, solid dan berdaya, serta Misi antara lain Terciptanya ekonomi kerakyatan, Adanya jiwa gotong royong masyarakat, Terciptanya ketahanan pangan Indonesia dan memanfaatkan potensi setiap nagari.


"Relawan Seratus Rupiah merupakan komunitas dengan misi kemanusiaan, kepedulian dan pemberdayaan masyarakat yang ditetapkan pada tanggal 5 Mei 2020," tegasnya.


Selain sebagai inisiator di Relawan Seratus Rupiah, Bhabinkamtibmas Aiptu Roi Martin,SH juga sebagai Pelopor Bedah rumah dengan menggandeng berbagai instansi untuk penggalangan dana.


"Sudah 20 unit rumah yang dibedah dengan sumber dana dari berbagai instansi," ungkapnya.


Selain Bedah rumah, ia juga menjadi Inisiator dalam penyediaan MCK dan pemasangan listrik untuk warga di daerah binaannya.


Tidak itu saja, Bhabinkamtibmas yang dikenal dekat dengan masyarakat ini, juga mempelopori pembentukan Kolompok Wanita Tani dalam memberdayakan lahan kosong untuk dijadikan ketahanan pangan.


Atas bermacam Inisiator itu, Bhabinkamtibmas Polsek Lubuk Alung dengan wilayah binaan Nagari  Sintuk ini Aiptu Roi Martin,SH sudah menerima 8 penghargaan dari berbagai instansi.


Diantara penghargaan yang diterimanya antara lain pada tahun 2019, ia mendapatkan penghargaan dari FKPM Nagari Sintuk sebagai Bhabinkamtibmas peduli lingkungan, kemudian menerima penghargaan dari Camat Sintuk atas Dedikasi layanan dan Loyalitas yang tinggi terhadap masyarakat tahun 2019.

Selanjutnya di tahun yang sama, ia menerima penghargaan dari Kapolda Sumbar sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik se Polres Padang Pariaman, kemudian di tahun 2020, Aiptu Roi Martin menerima penghargaan dari Kapolres Padang Pariaman sebagai Bhabinkamtibmas Teladan 1 se Polres Padang Pariaman.


Di tahun yang sama, ia kembali menerima penghargaan dari Baznas Kabupaten Padang Pariaman sebagai Inisiator Bedah Rumah.


Kemudian di tahun 2021, Aiptu Roi Martin kembali menerima penghargaan dari Kapolres Padang Pariaman sebagai personel terbaik pelaksanaan vaksinasi covid 19.


Atas Inisiator tersebut, ia juga menerima penghargaan dari Kapolres Padang Pariaman sebagai Pelopor Sosial Bedah Rumah di tahun 2022,


Penghargaan ke 8, ia menerima penghargaan dari Kapolres Padang Pariaman sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik Lomba Tiga Pilar sejajaran Polda Sumbar tahun 2022.


Dan untuk penghargaan ke 9, Aiptu Roi Martin, SH juga menerima penghargaan dari Direktur Binmas Polda Sumbar sebagai Terbaik 1 lomba tiga pilar se jajaran Polda Sumbar.


"Semoga apa yang saya lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat, terutama warga diwilayah binaan saya," imbuhnya.


"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh lapisan masyarakat, instansi terkait, para donatur sehingga terlaksana apa yang kita harapkan dalam hal berbuat kebaikan kepada masyarakat yang membutuhkan, semoga Allah.SWT selalu memberikan limpahan pahala yang berlipat ganda," pungkasnya.(*)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F