-->

BWSS-V Padang dan PT. Arafah Alam Sejahtera "Sulap" Batang Suliti jadi Ikon Wisata

Baca Juga

SUMBAR - MEDIAPORTALANDA - Kementrian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, (BWSS-V Padang), saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan waduk guna memenuhi kebutuhan infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) di Sumatera Barat.


Hal ini terlihat dari beberapa pengerjaan pembangunan sarana prasarana pengendalian banjir dan sendimen pada titik berbeda di Sumbar. Termasuk Batang Suliti Kabupaten (Solsel) Solok Selatan, bernomor kontrak: HK.02.03/05/BWS.SV/PJSA-WSBH/498077/SP/IV/2022. Pembangunan infratruktur waduk ini diprediksi bakal menuntaskan keluhan warga akibat luapan sungai, dan kekeringan pada saat musim kemarau.


Proyek mulai kontrak 08 April 2022. Nilai kontrak Rp.53.715.090,00, masa pelaksanaan 265 hari kelender tersebut dikerjakan oleh  PT. Arafah Alam Sejahtera, dengan konsultan supervisi, PT. Globetek Glory Konsultan KSO PT. Tri Exnas KSO CV. Atrium Arsitek Konsultan Perancang, diakui profesionalisme dalam bidang Konstruksi.

Dibawah pengawasan tim ahli BWSS-V Padang, PT. Arafah Alam Sejahtera, sangat profesional. Pekerja dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD). Percepatan pembangunan sistem pengendali banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) tersebut. Bendungan dan "Retaining wall" yang mempunyai fungsi sebagai penahan tanah agar kondisinya terus stabil tidak longsor dan terlindung dari erosi, telah menampakkan hasil.


Kini, sungai yang selama ini menjadi momok bagi kehidupan warga segera teratasi. Selain ribuan sawah teraliri. Areal tersebut telah "disulap" menjadi ikon wisata baru. Kini warga mulai berdatangan untuk melihat indahnya panorama alam sekitar Batang Suliti. Bahkan tanpa tersadar jemari mungil pengunjung bermain dengan kamera untuk mengabadikan keindahannya.


"Sebelum proyek pengendali banjir ada, luapan sungai sering menggenangi ratusan hektare lahan pertanian dan peternakan masyarakat setempat. Bahkan, sarana dan prasarana jalan rusak, roda perekonomian juga ikut terhambat," keluh Sutan Sadikin warga setempat, (2/9).


" Manfaat waduk kini dapat dirasakan oleh warga, karena telah memberikan dampak positif terhadap khususnya bidang pertanian. Ditambah lagi dengan desiran angin yang berirama membuat semua orang terpana, terkesima dengan keindahannya. Imbas dari semua itu, perekonomian warga akan bangkit lantaran akses jalan terbuka," jelas Sadikin.


Atas ini semua, kami dari kalangan akar rumput tmengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, Satker, PPK, pelaksana lapangan BWSS-V Padang, juga Kontraktor PT. Arapah Alam Sejahtera yang telah bekerja profesional. Semoga proyek ini tuntas tepat waktu, ujar Sadikin mengakhiri. (An)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F