-->

Maksimalkan Fungsi APIP, Andree Algamar Resmi Buka Rakorwasda Kota Padang 2022

Baca Juga

PADANG - MEDIAPORTALANDA - Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar mewakili Walikota membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Kota Padang Tahun 2022, dilangsungkan di Gedung Serbaguna Bagindo Aziz Chan, Balaikota, Rabu (28/12/2022). 


Dalam sambutan dan arahannya, Sekdako Andree Algamar menyampaikan, pelaksanaan Rakorwasda ini diharapkan menjadi salah satu sarana percepatan peningkatan tindaklanjut hasil pengawasan dan mengoptimalkan fungsi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam membina organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Padang. 

"Dalam Rakorwasda ini juga akan diperoleh gambaran mengenai kinerja, keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi atau unit kerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Sehingga nantinya dapat menjadi acuan bagi setiap OPD agar lebih meningkatkan kerjanya di tahun-tahun yang akan datang. Sehingga temuan-temuan yang didapat pada tahun ini dapat diminimalisir," jelasnya. 


Sekda menambahkan, sejatinya Rakorwasda ini mempunyai arti penting dan sangat strategis karena dilaksanakan diakhir tahun anggaran 2022. Hal ini berarti bahwa akan mengevaluasi pelaksanaan hasil-hasil selama tahun 2022, sejauh mana hasil pemeriksaan telah ditindaklanjuti sesuai ketentuan, dan sekaligus menyiapkan langkah-langkah perbaikan di tahun 2023. 


"Dengan adanya evaluasi  akan terpetakan kendala apa saja yang dihadapi serta solusi yang diperlukan untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintah terutama dalam pembinaan dan pengawasan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mewujudkan transpartasi dan akuntabilitas," ulasnya.    


Sementara itu, Sekretaris Ispektorat Kota Padang Novalino  menyebutkan Rakorwasda ini dilaksanakan setiap tahun di bulan Desember di samping melaksanakan aturan yang ada juga memiliki beberapa tujuan.

 

"Antara lain meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah, meningkatkan komitmen kesadaran dan tanggungjawab setiap pimpinan OPD dan instansi objek pemeriksaan tentang pentingnya tindak lanjut hasil pengawasan". 


"Kemudian juga meningkatkan kualitas hasil pengawasan dan profesionalisme aparat pengawasan, tersusunnya data tindak lanjut hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional dan pengaduan masyarakat. Terlebih, bagaimana meningkatkan koordinasi antara aparat pengawasan dengan objek pemeriksaan,"  jelasnya. 


Rakorwasda tersebut diikuti para Asisten, Staf Ahli, Sekwan, seluruh pimpinan SKPD dan Camat se Kota Padang. (Mul/**)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F