-->

Inovasi Perumdam Kota Padang, Nunggak Tagihan Air Tak Cabut Meteran Lagi

Baca Juga

PADANG - MEDIAPORTALANDA - Warga Lolong yang berlangganan dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Kota Padang tidak lagi perlu resah jika menunggak. Sebab, pihak Perumda AM tidak akan mencabut meteran lagi. 


Kini Perumdam Kota Padang tengah menerapkan "Smart Water Meter". Daerah Lolong menjadi pilot project pertama dari inovasi luar biasa tersebut.


"Sebanyak 50 unit meteran sudah kita launching dan pasang di rumah pelanggan," ujar Direktur Utama Perumdam Kota Padang, Hendra Pebrizal, Selasa (3/1/2023).

Inovasi "Smart Water Meter" ini akan memudahkan pelayanan air kepada masyarakat. Dengan teknologi ini, masyarakat yang menunggak bayar air akan diputuskan secara otomatis hanya dari kantor Perumdam. Saat pelanggan sudah membayar tunggakan, sambungan air akan kembali tersambung secara otomatis. 


"Petugas tidak harus mendatangi rumah pelanggan lagi untuk mencatat penggunaan air. Dan mencabut meteran ketika pelanggan menunggak, kini cukup dengan alat canggih yang kita punya," ujar Dirut.


Penggunaan "Smart Water Meter" memiliki banyak keunggulan. Seperti mampu melacak pemakaian air pelanggan secara digital dengan tingkat akurasi lebih tinggi. Pihak Perumdam pun menargetkan sebanyak 2.000 alat tersebut terpasang di tahun 2023 ini. "Kita coba dulu sekitar 2.000 unit," ungkap Dirut. 


Rencananya, alat ini tidak saja dipasang di kawasan Lolong. Ke depan juga dipasang di Belanti dan Purus. Kemudian, terang Dirut, seluruh pelanggan Perumdam yang ada di Padang sudah terpasang alat ini nantinya.


"Tentunya kita ingin memudahkan masyarakat," sebut Dirut Perumdam yang baru saja menerima penghargaan Anugerah Informasi Publik dari Komisi Informasi Sumbar tersebut. **

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F