-->

Meski Dihantam Longsor, Profesional BWSS-V dan PT. Indo Bangun "Diakui" Irigasi Sawah Laweh Pessel Untungkan Warga

Baca Juga

SUMBAR - MEDIAPORTALANDA - Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V (BWSS V) Padang, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) untuk meningkatkan kesejahteraan petani telah melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan membangun irigasi dari 2.032 Ha menjadi 3.273 Ha.

Dari pembangunan saluran irigasi tersebut sudah tentu intensitas tanam petani meningkat dari 110% menjadi 250%. Dan sektor pertanian khususnya padi dari 2-3 ton/ha menjadi 5-6 ton/ha. Perhatian BWSV dan PT. Indo Bangun sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk mewujudkan mimpi petani telah menunjukkan hasil, meskipun sempat dihantam longsor, mutu pekerjaan tetap dijaga. Berdasarkan prediksi, dalam waktu singkat pekerjaan terselesaikan.

Seperti diketahui, tahun 2022 lalu, BWSS V mengamanahkan pekerjaan pembangunan jaringan irigasi primer (BPK-2-BPK6b dan BPK 7a-BPK 14) yang ada dikawasan Sawah Laweh Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan kepada PT. Indo Bangun Group sebagai pemenang tender. Bahkan, mega proyek nilai HPS Rp97.210.368.000,00, telah terlaksana, manfaat juga telah dirasakan oleh masyarakat. Sebab air telah mengalir deras ke setiap persawahan yang membentang luas disekitar mega proyek tersebut.


Profesional PT. Indo Bangun dan pengawasa ketat dari BWSS V, telah menuntaskan pekerjaan pekerjaan, progres tercapai, mutu dan kualitas terjaga. Diyakini pekerjaan akan selesai tepat waktu sesuai kontrak yang ditanda tangani. Pasangan file beton yang kokoh dan tertata rapi serta indahnya perbukitan membuat area sekitar proyek sejuk untuk dipandang.


Roy, (8//1/2023) salah seorang petani dan warga sekitar mengaku, dengan telah dibangunnya jaringan irigasi oleh PT. Indo Bangun, kondisi daerah yang selama ini tidak terawat, kumuh dan kusam, kini sudah mulai dilirik wisatawan. elain itu, hasil tanam meningkat, kesejahteraan petani menguat, sebab bakal menjadi kawasan wisata bernuansa bukit dan persawahan.


Untuk semuanya, Roy atas nama masyarakat tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui BWSS V yang telah membangun jaringan irigasi, sehingga hasil pertanian warga semakin meningkatkan lantaran telah menjadi ikon wisata. Selain dari sektor pertanian, juga usaha lain. Karena, lokasi ini sudah ramai dikunjungi. **

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F