-->

Pacu Jawi Tutup, Wabup Richi Aprian Berharap Festival Itu Tetap Terlestarikan

Baca Juga

Pacu Jawi di Sawah Gadang Tarantang Sayang Padang Luar, Nagari III Koto, Kecamatan RambatanSabtu (13/5/2023), photo ist


SUMBAR - Setelah berjalan tiga pekan lamanya, pagelaran Alek "Festival" anak nagari Pacu Jawi di Sawah Gadang Tarantang Sayang Padang Luar, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan akhirnya ditutup, pada Sabtu (13/5/2023).



Festival tersebut ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, ia mengatakan alek anak nagari Pacu Jawi sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya di Luhak Nan Tuo. 


"Pergelaran alek anak nagari Pacu Jawi sebagai perhelatan tertua di Tanah Datar telah memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat," ujar Wabup Richi.


Benar sekali, Pacu Jawi di Tanah Datar sudah terselenggara dari jaman dahulu kala, yang hanya diadakan di empat Kecamatan yakni Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan Sungai Tarab.


Maka dari itu, Wabup Richi berharap masyarakat terus mendukung pelestarian tradisi alek anak nagari Pacu Jawi sesuai dengan filosofi, adat dan budayanya.


"Banyak wisatawan domestik maupun mancanagera hadir diacara tersebut, selain melihat secara langsung pegelaran Pacu Jawi. Tentu ada lebih menarik perhatiannya, yakni kentalnya adat dan budaya, ini harus dijaga," ujarnya.


Di kesempatan yang sama, Ketua Porwi Tanah Datar Aristo Dt. Indomo mengatakan Pacu Jawi akan membangkitkan potensi Nagari III Koto sehingga mampu mendukung program unggulan pemerintah Tanah Datar.


"Berbicara adat dan budaya melalui pegelaran Pacu Jawi, tidak pernah habisnya. Banyak makna yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, sudah sepantasnya semua pihak, bertanggung jawab melestarikannya," ujarnya.


Sementara itu, Wali Nagari III Koto Willy Adha mengucapkan rasa terima kasihnya ke seluruh pihak sehingga alek anak nagari Pacu Jawi terlaksana dengan aman lancar.


Ia menambahkan bahwa untuk pegelaran Pacu Jawi di daerahnya itu, akan terus dikembangkan untuk memberikan dampak yang lebih luar biasa bagi masyarakat.


"Ke depan, kiita akan tingkatkan lagi perhelatan Pacu Jawi di Nagari III Koto. Maka dari itu, mohon dukungan seluruh pihak agar apa yang direncanakan dapat terwujud," ujarnya. **

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F