-->

Upacara Peringatan, "Hari Dharma Samudera" di Lapangan Apel Mako Lantamal II Teluk Bayur

Baca Juga

MPA,PADANG – Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera. Jajaran Lantamal II Padang,Pada Pukul 07.49 s.d 08.22 Wib melaksanakan Upacara di Lapangan Apel Mako Lantamal II Jl. Bukit Peti-peti Teluk Bayur Kota Padang Prov Sumbar,” (15/1/2018).

Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlantamal II Laksamana TNI Agus Sulaiman, dan dihadiri oleh Wadan Lantamal II. Para Asisten Danlantamal II. Para Kasatker Danlantamal II, serta Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN Lantamal II.

Untuk mengenang kembali sejarah, dikesempatan itu Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.M.memberikan amanat yang dibacakan oleh Danlantamal II sebagai berikut.

Pada tanggal 15 Januari 1962 telah terjadi pertempuran di laut Aru dan Komodor Yos Sudarso sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA) on board di RI Matjan Tutul yang tertembak oleh Kapal Perang Belanda, tenggelam dan gugur bersama awak RI Matjan Tutul.

Peristiwa itu telah menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan Indonesia, oleh karena itu untuk mengenang peristiwa tersebut Pimpinan TNI AL menetapkan tanggal 15 Januari sebagai hari Dharma Samudera,” terang Danlantamal II
.
Danlantamal II menambahkan. Melalui Upacara peringatan hari Dharma Samudera ini hendaknya kita jadikan momentum untuk membangkitkan kembali tekad dan semangat untuk tetap tegar dan pantang menyerah menghadapi berbagai tantangan.

Konstelasi geografis Indonesia yang ⅔ wilayahnya berupa lautan dan akan mengundang pihak-pihak tertentu untuk memanfaatkan wilayah laut kita untuk kepentingannya,maka tanpa pertahanan yang kuat pihak-pihak tersebut akan lebih mudah untuk mengambil keuntungan dari wilayah perairan kita.

Melalui peringatan hari Dharma Samudera ini Kepala Staf Angkatan Laut menekankan kepada personel TNI AL agar mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita sebagai kontribusi positif karya nyata dari segenap prajurit matra laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa serta mewujudkan TNI AL yang handal dan disegani serta berkelas dunia,”terangnya.




(anton)
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.