-->

Pilgub Sumbar, Audy Joinaldi Bisa Jadi Pemeran Utama

Baca Juga

Photo Istimewa

MPA, PADANG - Meski masih diterpa wabah Covid19, Pemilihan Gubernur (Pilgub) tetap dilakukan bulan Desember 2020. Nama nama lama kembali mengapung kepermukaan beserta pasangannya. Disebut sebut Mahyeldi akan berpasangan dengan Audy Joinaldy, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genus dan Mulyani-Ali Muckhni.

Diantara pasangan Cagub dan Cawagub itu, penulis lebih tertarik membahas pengusaha milinial yang sukses di rantau orang Audy Joinaldi. Anak muda dengan sederet gelar ini, bisa menjadi pemeran utama, jika dilihat dari latar belakang pendidikan, bisnis yang dijalankan kemampuan finansial dan popularitas mulai menanjak.

Latar belakang pendidikan, suami dr. Fitria Amalia Umar ini, cerdas dalam bersosialisasi, punya ide brilian dalam menaikkan popularitas dan elekbilitas. Lihat saja, Audi tidak saja larut dalam pembagian sembako kepada masyarakat terdampak covid19 dan pembagian APD kepada Puskesmas, ia juga mengajak milinial berkompetisi melalui Entrepreneur Succes Challenge.

Pancingan hadiah dan berkreatifitas melalui kompetisi, cara efektif Audi untuk mensosialisasikam diri dikalangan milineal. Terbukti, elekbilitas dan popularitas Audi semakin tinggi. Harapan tertumpang dipundak Audi untuk memimpin Sumbar lima tahun kedepan. Diyakini, prestasi akademik, usaha yang dirintis dan pendekatan milinial yang mumpuni, Audi bakal mampu membawa perubahan.

Melihat rekap jejak alumnus IPB Bogor dan beberapa perguruan tinggi di luar negeri,  menjadi pemeran utama pada Pilgub 2020, bisa dilalui dengan mulus. Artinya, kesempatan  Audi untuk menjadi calon gubernur terbuka lebar daripada harus bertarung menjadi orang nomor dua. Tak bisa dimungkiri, menjadi orang nomor dua,  bisa menghambat kreatifitas Audi membangun Sumbar. Merujuk pengalaman selama ini, dalam perjalanan orang nomor dua, hanya akan menjadi 'ban serap'

Audi sudah santer terdengar akan berpasangan dengan Mahyeldi, Walikota Padang. Bahkan, mereka sudah bertemu pertengahan tahun 2019. Waktu yang panjang untuk menjajaki  maju bersama pada Pilgub 2020 nanti. Sampai sekarang tak ada perubahan, mereka tetap akan berpasangan. Timbul pertanyaan, apakah Audi tetap bertahan menjadi orang nomor dua atau bertarung untuk menjadi orang nomor satu

Audi perlu merenung sejenak untuk mengambil sikap menjelang pasangan ditetapkan KPU. Pengalaman membuktikan, Mahyeldi dua priode menjadi Walikota Padang, dua orang wakil mendampinginya, bisa melangkah mulus menjadi walikota juga berkat peran wakilnya. Pertama berpasangan dengan Emzalmi, dalam perjalanan timbul persoalan. Dan, Emzalmi mengambil sikap untuk maju menjadi walikota, meski berakhir kegagalan.

Mahyeldi berpasangan dengan Hendri Septa. Saat itu, juga menjadi 'kicauan panjang' terkait hitung hitungan. Bedanya, dibalik hitungan hitungan itu, Hendri Septa meraih keuntungan, jika Mahyeldi maju jadi gubernur otomatis jabatan walikota pasti dalam genggamannya. Sekarang, Mahyeldi bertarung pada Pilgub 2020 menggandeng Audi, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha muda yang sukses itu.

Melihat elekbilitas dan popularitas pasangan ini, diyakini bisa mengalahkan saingannya yang ikut bertarung pada Pilgub 2020 nanti. Jika prediksi ini menjadi kenyataan, lima tahun Audi akan mendamping Mahyeldi menjadi wakil gubernur. Jika perjalanan mereka memimpin Sumbar sukses, tentu kesempatan besar mereka kembali berduet untuk maju pada priode berikutnya.

Tapi, andai dalam perjalanan menjadi wakil gubernur, sapayuang bajauh hati, saayun indak sagamang, sakantua balain raso, tentu Audi akan mengikuti jejak wakil lain di berbagai Pilkada untuk bertarung pada priode berikutnya. Dan, berdasarkan pengalaman, orang nomor dua akan susah menjadi orang nomor satu. Ini menjadi dilema bagi Audi untuk terus mengabdikan diri membangun Sumbar. Semuanya berpulang kepada Audi. Apakah, sekedar menghantarkan Mahyeldi ke singasana orang nomor satu di Sumbar?

Penulis
Novri Investigasi
Wartawan Utama
Owner Koran Mingguan Investigasi dan Online Koranmingguaninvestigasi
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.