-->

Bupati Pasaman H. Benny Utama Minta Camat Kawal Pelestarian Adat Budaya Nagari

Baca Juga

SUMBAR - Bupati Pasaman H. Benny Utama berharap kepada seluruh Wali Nagari yang ada di Pasaman untuk ikut berperan aktif dalam pelestarian adat budaya dan kesenian traditional yang sudah berurat berakar di tengah-tengah masyarakat Pasaman. 


"Pelestarian adat budaya ini agar dianggarkan di setiap nagari, camat selaku administrator juga diminta untuk mengawal serta memastikan kegiatan ini teranggarkan di masing-masing nagari," harap Bupati Benny.


Ungkapan ini tercetus saat menghadiri acara silaturahmi masyarakat Benteng 'Tigo Kampuang' yang dihelat Pemuda Pemudi setempat, di Masjid Nurul Haq hingga ke Terminal Benteng Nagari Tanjuang Baringin, Kecamatan Lubuk Sikaping, pada Minggu (18/6/2023).

"Ini perlu dilestarikan. Tadi saya lihat pemain Dikia Pano rata-rata sudah seusia saya, hal itu membuat saya khawatir. Kalau habis generasi ini, siapa lagi yang akan melanjutkan. Bisa-bisa hilang satu tradisi. Saya yakin kita semua tidak ingin tradisi dan budaya kita jadi hilang begitu saja dikemudian hari," ulas Benny, dalam sambutannya di hadapan camat, wali nagari, ninik mamak, alim ulama serta tokoh masyarakat dan bundo kanduang, juga pemuda-pemudi Benteng.


Benny yang juga Pucuak Sara' Kari Ibrahim, ninik mamak adat Nagari Tanjuang Baringin menjelaskan, sesuai visi misi daerah yang dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), bahwa mewujudkan Pasaman yang Berimfaq dan Berbudaya merupakan prioritas utama dari seluruh rencana strategis program pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Pasaman, pada "periodesasi" Benny Utama menjabat bupati.


Dikatakan bahwa, acara yang digelar pemuda pemudi Benteng ini akan mampu membangkitkan semangat silaturahmi diantara seluruh unsur yang ada di masyarakat.


"Jika selama ini jarang bertemu karena kesibukan dan aktifitas masing-masing, maka pada kesempatan halal bil halal atau syukuran ini, segenap unsur dan komponen di masyarakat bisa saling berjumpa, bertegur sapa dan silaturahmi," sebut Benny Utama.


"Acara ini melibatkan tiga kampung, yakni Kampung Jambak di bawah naungan Datuak Bagindo Majo Lelo, kemudian Kampung Baru di bawah Datuak Putiah dan Kampung Kandih sebagai cucu kemenakan Imam Basa.


Hadir diacara ini Empat anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat. Diantaranya Ketua Komisi I DPRD Sumbar Sawal Dt. Putih, Donizar, Suharjono dan Muzli M. Nur, ditambah sejumlah tokoh dan caleg yang akan berlaga di Pileg 2024 mendatang. **


[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.