PPWI Aceh Tamiang Kembali Gelar “Program Saweu Sikulah”

Baca Juga

Keterangan foto: Ketua PPWI Aceh Tamiang, Salbiah, S.Pd.I sedang memberikan arahan kepada siswa

 MPA,ACEH TAMIANG - Dalam rangka meningkatkan minat siswa serta memberikan pengertian tentang bagaiman menjadi seorang pewarta yang baik dalam lingkup sekolah merupakan tujuan utama organisasi PPWI, Pengurus PPWI Aceh Tamiang kembali mengadakan kegiatan "Saweu Sikulah" (Kunjungan Sekolah - red). Setelah sebelumnya dilaksanakan di SMAN 4 Kejuruan Muda, kini Giliran SMAN 5 Kejuruan Muda Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, yang dikunjungi Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (5/8/2019).

Untuk mencapai target kegiatan yang dianggap penting dalam memanfaatkan teknologi informasi bagi kaum milenial seperti yang dilakukan di sekolah sebelumnya, tim organisasi yang banyak digandrungi para jurnalis ini tak bosan-bosannya membagikan ilmu kepada para siswa. Untuk menjadi seorang pewarta yang baik terkhusus dalam lingkungan sekolah mereka, PPWI Aceh Tamiang senantiasa berbagi kiat dan strategi serta wawasan bagi para siswa.

Bagaimana cara memberikan informasi yang faktual, akurat, dan berimbang, inilah hal-hal pokok yang menjadi pembahasan yang paling diminati para siswa. Juga, mereka tertarik untuk mampu memanfaatkan dengan baik website SMAN 5 Kejuruan Muda yang selama ini vakum dalam mempublikasikan informasi serta inovasi sekolahnya.

Ketua DPC PPWI Salbiah SPd.i didampingi Ketua Bidang Diklat dan Organisasi DPC PPWI Aceh Tamiang yang juga seorang Dosen di salah satu Universitas Negeri di Langsa, Dr. T. M. Sahudra, M.Pd, M.Si. mengatakan bahwa dirinya akan terus menjalankan kegiatan ini ke beberapa sekolah yang dituju. “Saya akan terus bekerja, menjalankan program ini ke sekolah-sekolah kita demi tercapainya apa yang organisasi inginkan, yaitu memperkenalkan serta mengajak para siswa/i untuk mengapai kenginan menjadi pewarta hingga menjadi jurnalis handal," papar Salbiah.

Kita mencoba memperkenalkan PPWI, lanjutnya, kepada siswa/i dan memberi pengertian kepada mereka tentang dunia pewarta sebagai pemberi informasi itu seperti apa. “Kita melihat ada jiwa pewarta di dalam diri mereka, hanya kepercayaan diri membentuk sebuah tulisan menjadi berita itu saja yang masih perlu diasah di dalam diri siswa/i," imbuh wanita yang sehari-hari bertugas sebagai Anggota DPRK Aceh Tamiang ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 5 Kejuruan Muda, Irwansyah Putra, S.Pd. sangat mengapresiasi kegiatan "Saweu Sikulah" ini. Dirinya mengaku kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak didiknya, karena selain memberi pengertian tentang pentingnya menjadi pewarta, siswa/i juga diajarkan bagaimana memanfaatkan androidnya agar dipergunakan untuk kepentingan belajar, bukan hanya untuk bermain game.

"Kami merasa berterima kasih Kepada PPWI karena telah mengajarkan anak-anak kami tentang ilmu menjadi pewarta, dan kami berharap kunjungan ini tidak putus hanya disini saja, dan kita berharap ada organisasi atau lembaga lainya yang mau bersosialisasi dan berbagi ilmu kepada siswa/i kami yang berada jauh dari perkotaan ini," ungkap sang Kepala Sekolah penuh harap.

Setelah melaksanakan sosialisasinya, seperti biasa Ketua PPWI berbagi cindera mata kepada siswa/i yang berani menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan. (NSR/Red)


[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.