-->

Kabar Angin, Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si Layak Jadi Rektor UNP Periode 2024-2029

Baca Juga

PADANG – 19 APRIL 2024 - Tahap  pemilihan Rektor Universitas Negeri Padang periode 2024-2029 terus begulir. Dalam berkas masuk terdapat Sebelas nama bakal calon yakni, Prof. Aldri Frinaldi, S.H., M.Hum., Ph.D. Lalu Prof. Dr. Ardipal, M.Pd, Dr. Hasrul, M.Si. Kemudian Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si, Dr. Ir. Krismadinata, S.T., M.T. Selanjutnya Dr. Ir. Mulya Gusman, S.T., M.T, Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt, Dr. Yaswinda, S.Pd., M.Pd. Kemudian Prof. Yohandri, M.Si, Ph.D, Dr. Yulhendri, S.Pd, M.Si, Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si.


Namun, berdasarkan kabar angin yang tengah berhembus sepoi-spoi dikalangan mahasiswa mupun akademisi, juga gonjang-gajing masyarakat mulai dari kalangan bawa hingga atas di kedai-kedai kopi kota Padang, hanya ada satu nama yang layak jadi Rektor periode 2024-2029 yaitu, Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si, Dekan FMIPA-UNP.

Mengapungnya nama Dr. Yulkifli, S.Pd., M.Si, kelahiran Kotosani Solok, sebagai Calon Rektor UNP bukan tanpa alasan, dikutip dari beberapa sumber ini rekam jejaknya: Gelar sarjana Pendidikan Fisika diperolehnya dari Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Institut Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (IKIP) Padang pada tahun 1997. Kemudian, pada tahun 2008-2009, ia mendapat kesempatan mengikuti Program Sandwich S3 Luar Negeri di  Czech Technical University (CTU) di Prague,  Czech Republic. Tahun 2003 sampai sekarang menjadi Staf Pengajar Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang.


Sebelum dilantik jadi Dekan FMIPA 2019-2023, Yulkifli telah mengabdi 2 periode sebagai wakil dekan akademik FMIPA periode 2014-2016 dan 2016-2019. Selama menjadi wakil dekan akademik Yulkifli telah mengantarkan FMIPA sebagai salah satu Fakultas unggul di UNP dengan meraih penghargaan dari universitas menjadi fakultas Terbaik di tahun 2018 dan 2019 yang lalu. Selain menjadi wakil dekan Yulkifli juga terlibat banyak kegiatan Tim adhoc tingkat universitas Tim Akreditasi AIPT yang telah mengantarkan UNP meraih Akreditasi Unggul (A). 


Saat ini Yulkifli beserta tim sedang menyiapkan Sertifikasi ISO SNI 17025. Yulkifli sering terlibat manjadi nara sumber dan juri pada kegiatan kegiatan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) berpestasi tingkat nasional.

Dalam menjalankan sebuah organisasi dan kepanitian Yulkifli menggunakan manajemen HEBAT dengan Motto Together we are excelent, diyakini  manajemen dan motto ini lah yang mengantarkan prestasi demi prestasi  Yulkifli.


Manajemen HEBAT ini terinspirasi dari karya Best Practise Guru Berpestasi tingkat nasional yang berhasil mengangkat sekolah berprestasi ditingkat nasional. Harmonis (H), Empati (E), Berani (B), Antusias (A), dan Tawaqalilallah (T), merupakan makna dari manajemen HEBAT. Together we are excelent  adalah cara dalam menyelesaikan permasalahan dan semangat dalam mecapai tujuan yang telah direncanakan. Kedepan ia akan tetap mengunakan dua konsep ini dalam mencapai visi-misi fakultas.


Penghargaan yang diraihnya Tahun 2010 kembali memperolah beasiswa dari Indonesian Scholar Dissertasion Award (ISDA), The Indonesian International Education  Foundation  (IIEF) USA. Pada tahun 2011 ia dinobatkan sebagai Dosen Berprestasi UNP 2011 dan Dosen Peneliti berprestasi UNP 2012. Tahun 2015 sebagai presenter terbaik hasil penelitian Hibah Kompetitif tingkat nasional.


Publikasi yang dilakukan Semenjak 2003 hingga sekarang Penulis bersama Tim berhasil memenangkan sekitar 50 Grant penelitian tingkat Nasional dan 3 tingkat Internasional. Hasil-hasil penelitian itu telah dipublikasikan pada berbagai Buku, Jurnal, Prosiding dari Seminar Nasional dan Internasional baik sebagai penulis pertama maupun kedua yakni, 

1 International book chapter 

2  buah buku ajar Berbasis Penelitian

7  buah perangkat perkuliahan berbasis KKNI 

2  Buah Modul UT

7   buah Jurnal internasional, 

30 buah Jurnal Nasional

35 buah makalah pada  Prosiding Internasional. **

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F