-->

Dukung Program Cerdas Bencana, Kodim 0312/Padang Gandeng Komunitas Angkot

Baca Juga



MPA,PADANG - Berbagai upaya terus menerus dilakukan oleh Korem 032 dan jajarannya dalam hal melatih dan meningkatkan kepekaan masyarakat kota Padang menghadapi bencana alam. Kali ini Kodim 0312/Padang bekerjasama dengan pemerintah Kota Padang melalui BPBD melaksanakan Simulasi menghadapi bencana alam khususnya bencana gempa dan tsunami. Kamis, 1 Agustus 2019.

Latihan yang melibatkan pelajar Sekolah Yayasan Kartika Jaya baik SD maupun SMP, masyarakat, para sopir angkot yang tergabung dalam driver Saiyo Sakato Kota Padang. Jajaran Lantas Polrestabes Padang, ini berjalan dengan semangat dan kerjasama seluruhnya berjalan sesaai dengan dinamika simulasi. 



Dalam sambutannya Dandim 0312/Padang  Letkol Czi Rielman Yudha menjelaskan bahwa  "Sesuai dengan UU NO 34 Tahun 2004 Pasal 7 bahwa TNI mempunyai Tugas Pokok yaitu  melaksanakan Operasi Militer Selain Perang dan salah satunya adalah dalam hal  membantu menanggulangi akibat bencana alam. 

Lebih lanjut di jelaskan bahwa dalam kegiatan mitigasi bencana ini Kodim 0312/Padang berinisiatif melakukan kerjasama dengan pihak Angkot yg ada di wilayah Kota Padang utuk menjadi relawan kebencanaan, dengan cara membantu evakuasi masyarakat yg terkena gempa menuju ke zona aman Tsunami dan dalam waktu yg sempit masyarakat harus sesegera mungkin dievakuasi sebelum terjadinya Tsunami di Kota Padang, yg diperkirakan dalam waktu ± 20 menit setelah gempa di atas 8 skala ritcher Tsunami akan menyapu Kota Padang, maka dari situ diharapkan  sopir angkot juga harus sigap dan cerdas menghadapi  bencana dan sangat dibutuhkan utk membantu evakuasi dalam waktu singkat menuju ke zona aman, dgn menggunakan rute terdekat", tegasnya.

Selain itu Kodim 0312/Padang juga  mendorong Pemerintahan Daerah melalui BPBD Kota Padang utuk bisa mensosialisasikan SOP kepada para Sopir Angkot bagaimana bertindak dalam situasi terjadinya bencana gempa yang berpotensi Tsunami.

"Diharapkan dengan menjadikan pemilik dan sopir Angkot di Kota Padang sebagai  mitra dalam mengatasi bencana akan membuat tenang para pengunjung dari luar Kota Padang, karena mereka merasa terjamin keselamatannya dengan keberadaan  angkot yang tersebar di seluruh Kota Padang" tegas Dandim.

Sementara itu Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang hadir dalam pelkasanan Somasi tersebut  menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Komandan Kodim 0312/Padang atas inisiatifnya yang luar biasa menjelaskan bhawa ini suatu hal yang luar biasa dengan memerankan seluruh warga Kota Padang untuk peduli terhadap bahaya bencana dan mengerti bagaimana menyelamatkan diri ketika terjadi gempa, dan dukungan dari pemilik dan sopir angkot juga merupakan bahagian penting dalam hal menciptakan suasana kondusif saat menghadapi bencana", tegasnya mengakhiri. (1/*)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F