Meski Penas Tani ditunda, Gelar Teknologi dan Panen Raya tetap berlanjut

Baca Juga

Photo Istimewa

MPA, BATANG ANAI - Meskipun ajang Penas Tani tahun 2020 di Sumatera Barat di tunda namun Gelar Teknologi (GT) yang berlokasi di Kab. Padang Pariaman tetap berlanjut dilaksanakan oleh Balitbangtan melalui BPTP Sumbar dan Balitbu Tropika.

Panen Raya di lokasi gelar teknologi dihadiri oleh Asisten II Sekda Prov Sumbar Ir. Benni Warlis, MM, Kepala Dinas Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan Sumbar Ir. Safrizal dan Kepala Balitbu Tropika Dr. Ir. Elina Mansyah,MP di dampingi oleh Kepala BPTP Sumbar Dr. Jekvy Hendra, M.Si memanen berbagai jenis tanaman yang sudah di siapkan di lokasi gelar teknologi tersebut, Rabu (24/6).

Saat memanen Padi Gogo varietas Inpago 8, Ir. Benni Warlis mengatakan sangat suprise melihat tanaman padi gogo yang bisa di tanam seperti padi sawah, bahkan hasil nya pun hampir sama dengan padi sawah, ia berharap Dinas pertanian terus berkoordinasi dan berkolaborasi untuk mengembangkan varietas padi gogo ini di Sumatera Barat. Ia juga menyatakan Apresiasi terhadap semua pihak yang telah melaksanakan dan menyiapkan gelar teknologi dengan baik, Balitbangtan melalui BPTP Sumbar dan Balitbu, dukungan daerah dan semua pihak, sehingga gelar teknologi tetap dilaksanakan menampilkan teknologi Inovasi yang sangat baik, meskipun hari H nya tidak bisa dihadiri oleh peserta Penas Tani dari seluruh Indonesia.

Selanjutnya dilakukan Panen Sorgum yang juga merupakan varietas unggul Balitbangtan yang dihasilkan oleh  Balitesereal dan BB Biogen, selain Sorgum juga dilakukan panen bersama Rosela dari Balitro dan Tomat unggul dari Balitsa. Terakhir rombongan mengunjungi KRPL yang di tampilkan oleh Dinas Tanaman Pangan Sumbar.

Pada kesempatan ini, kepala BPTP Sumbar menyatakan seyogyanya Penas Sumbar sudah di gelar pada hari ini dan beberapa hari kedepan, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan kita terus melanjutkan kegiatan Gelar Teknologi ini sesuai kemampuan, sehingga beberapa Tanaman ada yang sudah bisa kita Panen bersama pada hari ini, ujarnya. Kita berharap Inovasi Teknologi yang kita tampilkan di Gelar Teknologi ini bisa tetap di nikmati oleh masyarakat dan petani seluruh Indonesia melalui Virtual, kita akan menggelar Webinar Penas Tani dalam waktu dekat, pungkasnya.

Senada dengan itu, Kepala Balitbu Tropika juga mengatakan, walaupun Penas tani tidak jadi dilaksanakan secara nasional karena kondisi Covid19, tetapi kita tetap melaksanakan secara lokal, dan kita berharap event nasional ini tetap bisa kita laksanakan bersama meskipun petani petani seluruh Indonesia tidak berkesempatan hadir pada event ini, Ia juga berharap Gubernur Sumbar tetap mengunjungi lokasi Penas yang sudah kita siapkan di beberapa tempat,baik di BPTP Sumbar, Balitbu, Sawah Solok dan lokasi lain nya. (*)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F