-->

Meningkat, Tahun ini Sapi Kurban di Kanwil Kemenag Sumbar 28 Ekor

Baca Juga


MPA, PADANG —Rekor dari tahun tahun sebelumnya, tahun ini Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sumbar melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 28 ekor. Dari 28 ekor tersebut, 18 ekor didistribusikan ke Kemenag Kabupaten Kota dan 9 ekor di sembelih di Kanwil Kemenag Sumbar.

Kepala bidang Urais, H. Edison dalam laporannya sebagai ketua panitia menyampaikan dari 28 ekor sapi tersebut 10 ekor sapi adalah dari seluruh ASN Kanwil Kemenag Sumbar dan 18 ekor lagi dari Kepala Madrasah se Sumatera Barat.

“19 ekor sudah kita disitribusikan ke Kabupaten/ Kota ada yang telah menyembelihnya pada hari Sabtu dan sebagian besar menyembelih pada hari ini,” ujar Edison.

“Tahun ini kita juga menyiapkan tenaga professional untuk proses penyembelihan, disamping panitia yang telah di SK kan oleh Kakanwil,” tambah H. Edison.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri dalam arahan menyampaikan Ibadah kurban ini sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang telah diberikan Allah.

Kakanwil mengapresiasi dan terimakasih kepada ASN yang telah melaksanakan ibadah kurban di Kanwil Kemenag Sumbar, dan juga ucapan terimakasih kepada seluruh panitia pelaksana yang telah mensukseskan pelaksanaan ibadah kurban ini.

“Peningkatan kurban tahun ini sungguh luar biasa, tahun lalu kita menyembelih hewan kurban sebanyak 9 ekor dan tahun sekarang meningkat menjadi 28 ekor, 19 sudah didistribusikan ke 19 Kabupaten Kota dan 9 kita sembelih disini, smoga kurban yang kita lakukan ini berulang setiap tahunnya dan semoga terus meningkat sehingga semakin banyak pula masyarakat yang bisa menikmati, ini sejalan dengan imbauan Menteri Agama dimasa pandemi dimana Menag mengimbau agar berkurban dimasa pandemi itu semakin meningkat,” ujar Kakanwil.

Kakanwil juga menyampaikan bahwa total hewan kurban se Sumatera Barat berjumlah 32.632 ekor.

Kakanwil menegaskan agar dalam melaksanakan penyembelihan hewan kurban kita melaksanakan sesuai syariah, seperti menggunakan pisau yang tajam, dan jangan menyembelih hewan qurban dihadapan sapi yang hidup, memperbanyak takbir dan shalawat.

Ketika pelaksanaan penyembelihan hewan kurban disaksikan juga oleh  salah seorang pembimas sebagai wujud toleransi dalam beragama.

Diakhir arahan kakanwil mengajak kepada ASN yang tahun ini belum berkesempatan untuk berkurban agar kedepan bisa ikut berkurban.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban di Kanwil Kemenag Sumbar ditutup dengan makan bersama di masing masing ruangan sebagai wujud kebersamaan. Dimana awalnya di rencanakan akan makan bajamba namun mengingat pandemic yang terus meningkat dialihkan menjadi makan bersama di ruangan masing masing.

Dapat diinformasikan jumlah kupon yang didistribusikan lebih kurang 900 kupon, yang dibagikan kepada ASN Kanwil Kemenag, Pensiunan, wartawan, ormas, , forkopinda, pedagang dan masyarakat sekitar. [DW]

Sumber Humas Kemenag

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F