-->

Pasar Pabukoan Dibuka, Andree Algamar Minta Pedagang Kedepankan Hiegenitas

Baca Juga

PADANG - MEDIAPORTALANDA - Pemerintah kota Padang tahun 2022 ini kembali membuka pasar Pabukoan untuk berbuka puasa selama Ramadhan 1443 Hijriah. Sebelumnya, pasar pabukoan sempat ditiadakan selama 2 tahun berturut-turut karena pandemi Covid-19.


"Setelah Melihat perkembangan Covid-19 mulai melandai, maka diputuskan tahun ini Pasar Pabukoan kembali dibuka. Untuk lokasi disamping Balai Kota Lama Padang yang di jalan M Yamin," kata Kepala Dinas Perdagangan Padang, Andree Algamar, Rabu (30/3/2022).

Menurut Andre Harmadi Algamar, pasar pabukoan yang dibuka tersebut akan menampung sekitar 40 pedagang dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.


"Salah satu yang baru dari pasar pabukoaan ini adalah pembeli bisa menggunakan pembayaran nontunai yaitu QRIS," katanya.


Menurut Andree penyediaan fasilitas pembayaran nontunai ini dilakukan karena selama ini uang tunai disebut sebagai salah satu sarana penularan virus.


Andree mengakui dua tahun sebelumnya tidak memfasilitasi pasar pabukoan, itu disebabkan oleh tingginya angka penyebaran COVID-19.


"Apalagi dari temuan Dinkes salah satu lokasi penularan tertinggi ada di Pasar Raya Padang," ungkapnya.


Akan tetapi saat ini kasus sudah melandai sehingga pemerintah kota kembali membuka pasar pabukoan untuk meningkatkan kembali perekonomian masyarakat.


"Namun tentu saja dengan izin terbatas dan protokol kesehatan yang ketat," ulasnya.


Andree juga mengingatkan pedagang menu buka puasa untuk selalu mengedepankan hiegenitas dan tidak mencampur jualan dengan bahan yang dilarang seperti boraks atau bahan pengawet.


"Masyarakat juga harus hati-hati memilih menu yang sehat, apalagi kalau ada makanan dengan warna yang mencolok," ujar dia.


Saat Ramadhan tiba salah satu kebiasaan warga Padang adalah berburu kuliner untuk disantap saat buka puasa sebagai pelepas lapar dan dahaga setelah seharian penuh berpuasa.

(***)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F