-->

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019, Kemenag Sumbar Luncurkan 13 Program Unggulan

Baca Juga

MPA,SUMBAR – Kantor Kementerian Agama Provinsi di bawah kepemimpinan H.Hendri, S.Ag., M.Pd luncurkan 13 program unggulan untuk menyambut bulan suci ramadhan 1440 H/2019 M diantaranya gerakan wakaf 10.000 alquran, gerakan wakaf uang, tadarus alquran berbasis IT, tadarus alquran di masjid dan mushalla serta tadarus alquran live di RRI Padang.

Terkait Kegiatan Thaharah Masjid ini, H.Hendri diwawancara ritvone di ruang kerjanya, memaparkan lima latar belakang. Pertama, kegiatan ini dalam rangka menyabut dan memuliakan bulan suci ramadhan. Untuk menjalankan ibadah Ramadhan tentunya kita harus bersih secara lahir maupun batin. Kedua, memberikan kenyamanan dan ketentraman kepada jamaah menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Dengan bersihnya lingkungan Masjid tentunya akan memberikan rasa nyaman beribadah. Ketiga, menjalin silaturrahmi dan jembatan hati dengan masyarakat. Keempat, memotivasi keluarga besar Kementerian Agama dan masyarakat untuk mencintai Masjid. Serta kelima, mewujudkan visi dan misi Kemeterian Agama Prov. Sumbar.

“hal ini membuktikan bahwa kita butuh masyarakat dan begitu juga sebaliknya. Hubungan saling membutuhkan ini bisa dibingkai lagi ke arah yang lebih produktif dan positif. Kita telah menjalankan fungsi kita sebagaimana seharusnya yaitu pelayan masyarakat”, ungkap Hendri.

Seluruh ASN Kemenag Sumbar baik yang di Provinsi maupun Kabupaten/Kota secara serenta melaksanakan kegiatan gotong royong bersama masyarakat di Masjid, Mushalla dan Surau yang telah ditentukan, Santu (27/04/19).

Walau pun hujan rintik-rintik kegiatan thaharah masjid dalam rangka tetap dilaksanakan. ASN yang berada di Padang bergerak ke Mesjid Al Muhshinin, Jl. Kasiak Lolo Gunung Sariak Padang melaksanakan Thaharah Masjid dengan perlengkapan gotong royong yang dibawa dari rumah masing-masing.

Laporan dari Kemenag Kabupaten/Kota bahwa ada 173 Mesjid dibersihkan serentak dihari sabtu 27/04, yang dihimpun dari berbagai sumber bahwa kegiatan Thaharah Masjid ini setidaknya ada 173 se-Sumatera Barat dengan rincian, Kab. Pesisir Selatan 15 titik, Kab Solok 14 titik, Kab Sijunjung 8 titik, KAb Tanah Datar 14 titik, Kab Padang Pariaman 17 titik, Kab Agam 16 tiitk, Kab Lima Puluh Kota 13 titik, Kab PAsaman 12 titik, Kep Mentawai 5 titik, Kab Dharmasraya 11 titik, Kab Solok Selatan 7 titik, KAb PAsaman Barat 11 titik, Kota Padang 11 tiitik, Kota Solok 2 titik, Kota Sawahlunto 4 titik, Kota Padang Panjang 2 titik, Kota Bukittinggi 3 tiitk, Kota Pakumbuh 5 titik dan Kota Pariaman 3 titik.

Masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat Sumatera Barat menyambut program Kemenag Sumbar dengan bahagia dan suka cita, Prof. Dr. H. Syamsul Bahri Khatib ketika dihubungi via telpon menanggapi berapi-api sakin senangnya melihat program kanwil yang membumi bagi masyarakat “Alhamdulillah saya senang dan bersyukur pada Allah dengan hadirnya program unggulan Kemenag Sumbar, khusus dengan Thaharah Mesjid se-Sumatera Barat, ini sangat positif dan perlu dilaksanakan secara berkelanjutan” tutur Buya Syamsul Bahri mantan ketua MUI Sumatera Barat.

Di tempat yang berbeda, Zainal Abidin Thaher Ketua Dewan Pimpinan Pusat HAMTIPP, mengapresiasi program Kanwil Kemenag Sumbar yang menyentuh lansung dengan kebutuhan masyarakat menjelang ramadhan, dimana ASN berbaur dengan mereka, saling bahu membahu membersihkan masjid tempat bermunajat pada Allah SWT, “Saya senang dan bahagia sehingga juga ikut membersihkan masjid bersama-sama untuk menyambut bulan suci ramadhan ditempat saya tinggal” ujar Buya Zainal.

Nh/An
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
F