-->

Kapal Perang AS Hampir Tabrakan dengan Kapal Rusia di Laut China Timur

Baca Juga

Kapal perang Amerika Serikat, USS Chancellorsville. Foto/South China Morning Post

MOSKOW - Militer Presiden Vladimir Putin mengatakan kapal perang Amerika Serikat (AS) hampir menyebabkan tabrakan dengan kapal militer Rusia di Laut China Timur. Armada Pasifik Moskow menuduh kapal Amerika melakukan manuver berbahaya.

Mengutip Reuters, Angkatan Laut Rusia mengklaim kapal perang Amerika USS Chancellorsville, yang bersenjata peluru kendali, telah mendekati kapal perusak Rusia, Admiral Vinogradov, dalam jarak 50 meter (165 kaki).

Moskow mengklaim bahwa kapal Admiral Vinogradov telah dipaksa untuk mengambil tindakan darurat untuk menghindari tabrakan sekitar pukul 03.35 GMT pada hari Jumat (7/6/2019).

Kapal Admiral Vinogradov diluncurkan pada Juni 1987. Kapal ini pernah membayangi kapal-kapal Angkatan Laut AS selama latihan di dekat Hawaii pada musim panas 2016.

Nama kapal militer Moskow itu diambil dari tentara bernama Nikolai Ignatevich Vinogradov, yang memimpin kapal selam di Armada Utara Soviet dalam Perang Dunia Kedua.

Sedangkan USS Chancellorsville memiliki peluru kendali dan meriam cepat. Kapal perang Amerika ini membawa dua helikopter anti-kapal selam.

Kapal USS Chancellorsville telah beroperasi sejak Juli 1988, dan sebelumnya merupakan bagian dari kelompok tempur kapal induk yang terlibat dalam perang di Irak dan Afghanistan. Saat ini, kapal tersebut berbasis di Yokosuka, Jepang.(*)
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
F